Presiden AS Donal Trump. Foto Istimewa

Intipnews.com:PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit [CDC Amerika Serikat [AS], berdasarkan dokumen yang beredar, Rabu 2 Agustus 2020, telah meminta otoritas negara-negara bagian untuk mempersiapkan diri membagikan vaksin potensial antivirus corona kepada kelompok-kelompok sangat rentan, pada 1 November 2020.

Pemerintahan Presiden Trump telah menjanjikan dana federal senilai miliaran dolar AS bagi pengembangan vaksin untuk mencegah Covid 19, yang telah membunuh lebih dari 180 ribu orang di AS.

“Untuk tujuan perencanaan awal, CDC telah menyampaikan asumsi perencanaan tertentu bagi negara-negara bagian saat mereka mengerjakan rencana spesifik negara bagian untuk pendistribusian vaksin,” kata seorang juru bicara CDC kepada Reuters.

The New York Times sebelumnya melaporkan CDC telah menghubungi pejabat semua, 50 negara bagian dan lima kota besar untuk menyampaikan informasi soal perencanaan tersebut.

Pakar terkemuka AS untuk penyakit menular, Anthony Fauci, sebelumnya pada Rabu mengatakan kepada MSNBC, pada November atau Desember mungkin sudah akan ada cukup data klinis untuk memastikan salah satu vaksin aman dan efektif.

Vaksin akan disediakan secara gratis terlebih dahulu bagi kelompok-kelompok berisiko tinggi. Mereka di antaranya termasuk petugas kesehatan, personel keamanan nasional, dan penghuni panti jompo beserta stafnya.

Menurut Scott Ratzan, salah satu pemimpin kelompok Business Partners to Convinc, kepada Reuters pada Agustus, hasil awal survei yang dilakukan selama tiga bulan terakhir di 19 negara menunjukkan hanya sekitar 70 persen responden Inggris dan AS yang akan menggunakan vaksin Covid 19 jika tersedia.

Sebelumnya, Trump yakin bahwa vaksin potensial Covid 19 akan hadir di pasaran sebelum Pilpres AS pada 3 November. Namun para ahli menyatakan, hal itu tidak mungkin setidaknya sampai musim dingin 2021.*Itp-04

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini