1 TKI Tejangkit Virus Corona, DPR: Pemerintah Serius

0
65
Ilustrasi. Virus corona yang mematikan. Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Kedutaan Besar Indonesia [KBRI] di Singapura mengkonfirmasi satu TKI yang bekerja di Singapura terjangkit virus corona. TKI tersebut dikonfirmasi sebagai kasus ke-21 virus corona di Singapura.

Dalam keterangan tertulis, KBRI menjelaskan WNI itu berusia 44 tahun bekerja sebagai asisten rumah tangga di sebuah keluarga asal Singapura. WNI itu tidak memiliki riwayat bepergian ke Cina, namun majikan tempatnya bekerja sebelumnya ditetapkan positif virus corona.

KBRI Singapura terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan hal tersebut. “Kami imbau untuk seluruh WNI yang berada di Singapura dapat tetap waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan,” tulis KBRI Singapura.

Jumlah kasus pasien terjangkit virus corona yang berujung kematian pada Selasa, 4 Februari 2020 naik menjadi 479 orang. Sedangkan jumlah orang yang terjangkit virus ini juga naik menjadi 16.678 kasus di seluruh dunia, yang dari total tersebut sebanyak 3.156 kasus terdeteksi di Provinsi Hubei, China.

Dengan munculnya kasus ini Dewan Perwakilan Rakyat [DPR] meminta pemerintah serius menangani dan melindungi para pekerja migran Indonesia dari ancaman virus korona.

Tenaga kerja Indonesia [TKI] yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga [PRT] tersebut merupakan salah satu dari enam kasus baru wabah virus korona yang dilaporkan di Singapura.

Anggota Komisi 9 Fraksi PKS DPR RI, Kurniasih Mufidayati, mendesak Kementerian Kesehatan [Kemenkes] RI, Kementerian Ketenagakerjaan [Kemenaker] RI, dan BNP2PMI bekerja sama dengan KBRI dan stakeholder lain.

“Para WNI, terkhusus PMI, perlu mendapat edukasi yang cukup tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mengantisipasi diri agar tidak terkena virus korona,” kata Kurniasih kepada wartawan Rabu 5 Februari 2020.

World Health Organization [WHO] telah menetapkan penyebaran virus corona ini sebagai darurat global. Maka perlu ekstra serius meresponsnya,” jelas Kurniasih. *Itp-17

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini