Atas sketsa, bawah diduga pelaku yang diamankan. Foto Istimewa

“Polri harus menjelaskan keterkaitan antara sketsa wajah yang pernah dirilis dengan tersangka yang baru saja ditetapkan,” ujar pengacara Novel,  Alghiffari

Jakarta-Intipnews.com:Pengamanan dua pelaku berinisial RB dan RM Kamis malam [26/12], disebutkan merupakan polisi aktif berpangkat Brigadir yang bertugas di Depok.

Tim Teknis Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia akhirnya berhasil menangkap dua orang diduga pelaku teror penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan itu, di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Minggu 29 Desember 2019, sebelumnya, kasusnya berlarut-larut,  hingga 2,5 tahun bagi polisi baru akhirnya dapat mengamankan dua orang diduga pelaku yang menurut Indonesia Police Watch [IPW] menyerahkan diri.

Bahkan pengacara Novel Baswedan, Alghiffari Aqsa ragu sketsa wajah yang sempat dirilis itu, punya kemiripan dengan wajah RB dan RM. “Polri harus menjelaskan keterkaitan antara sketsa wajah yang pernah dirilis dengan tersangka yang baru saja ditetapkan,” ujar Alghiffari dalam siaran persnya, Jumat [27/12].

Sementara, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono menegaskan sketsa bukan berasal dari polisi, melainkan hasil dari keterangan saksi. “Sketsa itu dari mana, sih? Dari saksi. Kalau saksi satu orang itu melihat sekali saja, ya, seperti itu gambarannya,” kata Argo, Sabtu [28/12].

Sketsa terduga pelaku pertama kali diperlihatkan oleh Tito Karnavian pada 31 Juli 2017. Saat itu Tito masih menjabat sebagai Kapolri. Sketsa dibuat berdasarkan keterangan saksi yang melihat terduga pelaku sebelum penyerangan terhadap Novel.

Dalam sketsa, terduga pelaku memiliki tinggi sekitar 170 cm, berkulit hitam, rambut keriting, dan berbadan ramping. Lalu, sketsa kedua diperlihatkan polisi saat bertemu KPK tanggal 24 November 2017.

Ada dua wajah pelaku yang dirilis. Pertama, seorang pria dengan rambut pendek, dan yang kedua memiliki rambut cukup panjang. Sketsa ketiga dirilis tanggal 5 Januari 2018.

Dalam sketsa terlihat seorang pria memakai topi. Dia diprediksi berusia 38 tahun dengan tinggi badan sekitar 172 cm. Nah, selanjunya masyarakat memiliki pandangan sendiri soal kemiripan sketsa dan dua pelaku yang diamankan. *idz

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini