Nias-Intipnews.com:Polisi Sektor [Polsek] Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara berhasil mengungkap dan menangkap tiga diduga pelaku pembakar rumah yang sekalian tempat usaha sarang walet kurang dari sembilan jam.

Pembakaran rumah yang sekalian dijadikan tempat usaha sarang burung walet milik Matias Zeno Bate,e alias Ama Butet [50] di Desa Somi, Kabupaten Nias dibakar pada Minggu 13 September 2020 sekira pukul 02.30 WIB.

“Para pelaku masih satu desa dengan korban, dan ketiganya ditangkap personel Polsek Gido kurang lebih sembilan jam setelah kejadian,” ungkap Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan melalui Ps Paur Humas Aiptu Yanser Hulu, Rabu 16 September 2020.

Dari Aiptu.Yanser Hulu diketahui motif para pelaku membakar rumah dan tempat usaha sarang walet milik korban karena dendam dan sakit hati tidak mendapat hasil penjualan sarang walet oleh korban.

“Para pelaku pembakaran OB [40], HB [35] dan YB [31] mengaku sakit hati karena korban tidak membagi hasil penjualan sarang walet kepada mereka, padahal mereka ikut andil membangun rumah dan tempat usaha sarang walet milik korban,” terangnya.

Akibat kejadian tersebut korban Matias Zeno Bate,e alias Ama Butet dan cucunya Alfaro Gabriel Malau alias Briel [4] mengalami luka bacok di kepala akibat dibacok para pelaku ketika hendak keluar saat rumah dibakar dan juga luka bakar di kaki dan badan.

Sedangkan Istri korban Rosmidar Mendrofa alias Ina Butet [50] menderita luka bakar di kaki, tangan dan punggung. “Kini ketiga korban sedang menjalani perawatan atas luka bacok dan luka bakar yang mereka alami di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli,” terangnya.

Aiptu Yanser Hulu juga memberitahu akibat perbuatan mereka, ketiga pelaku dijerat pasal 187 ayat (2e) dan pasal 170 ayat (2) ke (2e), (1e) subsider pasal 351 ayat (2) dari Kuhpidana.

Dan atau pasal 80 ayat (2), 1 dari UU No.17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No.1 tahun 2016, tentang perubahan kedua atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini