42 Personal Damkar Tapsel Ikuti Latsar

0
13
Personal Damkar
Ilustrasi. 42 Personal Damkar Tapsel Ikuti Latsar. Foto Istimewa

TapselIntipnews.com: Sejumlah 42 personal Damkar Tapsel, Sumatera Utara mengikuti latihan dasar [Latsar] pemadam kebakaran. Ke-42 personal tersebut dari Sektor Batangtoru, Sektor Sipirok, dan Sektor Batang Angkola.

Pelatihan dasar pemadam kebakaran tersebut bekerjasama dengan PT Agincourt Resources [AR] Martabe dan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Tapsel, berlangsung 24 hingga Sabtu 29 Mei 2021.

Diketahui pencegahan dan penanggulangan serta penyelamatan bencana kebakaran adalah sesuatu yang sangat penting. Apabila tidak dilaksanakan dengan baik dan profesional dapat menimbulkan korban lebih banyak.

Untuk itu kegiatan Latsar Damkar yang berlangsung di Gedung Ampiteater Sopo Daganak, Batangtoru, Tapsel, menjadi sangat penting. PT AR Martabe sebagai pengelola tambang emas Martabe mendukung pelatihan tersebut, menggandeng fasilitator lembaga pelatihan dan mentor berpengalaman, Trust One Indonesia.

Pelatihan meningkatkan keterampilan serta kemampuan dasar [basic skill training] masing-masing personal. “Pelatihan dasar ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi seluruh tim Damkar di ketiga sektor di wilayah Tapsel,” kata Rahmat saat membuka pelatihan.

Selain itu, lanjutnya saat membuka pelatihan, pentingnya kesadaran akan keselamatan dan sikap tanggap terhadap bahaya bagi masyarakat sekitar tambang Emas Martabe.

Sementara Senior Manager Community Relations, Pramana Triwahjudi menyebutkan, target ingin dicapai dari pelatihan adalah meningkatnya profesionalisme serta sikap disiplin personal Damkar dalam merespons situasi darurat, serta dalam menjalankan tugas.

Bupati Tapsel diwakili Sekretaris Daerah, Parulian Nasution mengapresiasi PT AR Martabe yang telah menginisiasi kerjasama, dalam melakukan basic training atau pelatihan dasar kepada para personal Damkar.

“PT AR Martabe telah banyak membantu Pemkab Tapsel, dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan masyarakat, banyak didukung PT AR Martabe,” ujar Parulian.

Pelatihan dasar Damkar digelar dalam 2 batch, dengan materi pelatihan di antaranya pengetahuan tentang alat pemadam api, alat pelindung pernafasan [Breathing Apparatus], proteksi kebakaran pada bangunan.

Berikut manajemen keselamatan pada kebakaran gedung, keselamatan petugas, pembinaan fisik [fire fighter fitness drill], tali temali dalam penyelamatan, komunikasi [incident commander], teknik perawatan unit Damkar dan peralatan pemadam kebakaran.

  • Laporan Hadiansyah Panjaitan