52 Orang Pelanggar PPKM di Kota Medan Jalani Sidang Tipiring

15
52 Orang Pelanggar

MedanIntipnews: 52 Orang melakukan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) terhitung dari tanggal 15 Juli s/d 9 Agustus 2021 pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan PPKM level 4 di kota Medan menjalani sidang tipiring. 

Dari 52 orang tersebut, tercatat 34 orang masuk kedalam wilayah hukum Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Medan dan sisanya  18 orang  di wilayah hukum Polresta Pelabuhan Belawan.


Ke-52 orang tersebut merupakan kalangan no esensial yakni pelaku usaha maupun pedagang. Mereka terbukti telah melanggar Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Utara No 1 tahun 2021 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumatera Utara.


Selain 52 orang yang telah menjalani sidang tipiring tersebut, Pemko Medan juga telah mengeluarkan surat peringatan sebanyak 876 peringatan bagi para pelanggar.

Kepala Bidang Penegak Peraturan dan Perundang-Undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan Ardhani Syahputra mengatakan, penindakan ini merupakan hasil kolaborasi dari beberapa instansi terkait di Kota Medan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha agar mematuhi protokol kesehatan.


“Ini merupakan hasil kolaborasi bersama kita selama ini antara Pemko Medan, PN Medan, Kejaksaan Negeri Medan dan Kejaksaan Negeri Belawan, Poldasu, Polrestabes Medan maupun Polresta Pelabuhan Belawan, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 saat ini,” kata Ardhani.


Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar memahami poin penting dari PPKM level 4 yang saat ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sehingga Kota Medan dapat keluar dari PPKM Level 4 dan masyarakat di Kota Medan dapat kembali hidup normal.


“Tujuan dari PPKM level 4 ini untuk menekan penyebaran Covid-19 dan membatasi mobilitas masyarakat agar pandemi ini segera berakhir. Karena itu saya mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada,” imbaunya. *