Agam Zavina Pelukis Kartun Si Gumarapus di Waspada Meninggal Dunia

254
Agam Zavina Pelukis Kartun Si Gumara
Agam Zavina pelukis kartun Si Gumarapus di Waspada meninggal dunia

MedanIntipnes.com:Agam Zavina pelukis Kartun Si Gumarapus di Waspada meninggal dunia. Kabar ini bermula datang dari Eduard Tahir di Harian Waspada kepada Izhari Agusjaya Moenzir mantan Waspada menyampaikan kepada As Atmadi juga mantan Waspada menyebut, Agam Zapina Tambunan pelukis, kartun Si Gumarapus, karikaturis Harian Waspada meninggal dunia,

Menurut As Atmadi pada zamannya hampir setiap pencinta Harian Waspada cukup mengenal kartun Si Gumarapus yang tampil di halaman 1 Waspada. Terdiri dari 3 kotak menampilkan tokoh Gumarapus bersama temannya Si Bewok.

Ada saja kisah lucu yang satire, mengeritik berbagai kebijakan pemerintah. Si Gumarapus yang menurut Pendiri Harian Waspada H Mohamad Said, di balik tingkahnya yang lucu Si Gumarapus, selalu menang dalam membela hak-hak rakyat. Diakui Bewok, walapun awalnya bertentangan tetapi akhirya Si Gumarapus menang.

Karikatur karya Agam Zapina Tambunan

“Dalam memenej media massa harus kreatif, tidak cukup hanya menyajikan berita saja, jadi perlu variasi peluang-peluang baru untuk mendongkrak oplah,” ungkap H Mohamad Said, saat meminta Agam melukis kartun Sigumarapus.

Menurut pelukis kartun dan karikaturis di Waspada saat ini, Deny Adil, setelah pensiun dari Waspada, Agam Zapina dikenal juga sebagai karunia karikaturis, juga perupa indonesia dan terakhir jadi pelukis kaligrafi. Tak lama dia diserang stroke. Dari Medan kembali ke kampung halamannya di Meulaboh, Aceh Barat. Selamat jalan sahabat.

Sebelumnya cerita As Atmadi mengenang, keti Haji Mohamad Said memanggil Agam Zapina, diminta untuk meneruskan melukis Si Gumarapus yang sebelumnya dilakukan oleh Ali Sariani, pegawai Departemen Penerangan. Sebelumnya As Atmadi diminta menulis novel bersambung di Waspada, yang diberi nama cerita besambung [Cerbung] oleh Haji Mohamad Said.

Tak lama cerbung As Atmadi mampu mendongkrak oplah Waspada. Begitu juga Si Gumarapus yang dibuat Agam Zavina mendatangkan oplah yang besar. Setelah pemasang Hwa-hwe meneken lima angka dari nomor tercantum di kartun Sigumarapus. Tak sangka nomor itu sebenarya bukan kode, tetapi tanda nomor tanggal pemuatan Si Gumarapus, yang kebetulan ikut tercetak di Waspada.

Menurut tokoh pers nasiona H Mohamad Said, kala itu. “Memenej media tidak hanya fokus kepada berita-berita ansih. Tidak disangka, kehadiran cerbung As. Atmadi mampu mendongk oplah kala itu,” katanya. Menurut As Atmadi, aku yakin di tengah media cetak Waspada di kondisi digital. Aku yakin H Mohamad Said, mampu mencari jalan keluar untuk tetap eksis. H Mohamad Said sangat cerdas dibidangnya, manajemen jurnalistik.

  • Itp-04