AJI: Kekerasan Pada Wartawan Meningkat, 70% Pelaku Oknum Polisi

0
27

JakartaIntipnews.com:Setahun, yaitu sepanjang Mei 2020 hingga Mei 2021 total terdapat 90 kasus kekerasan terhadap wartawan meningkat jauh dibandingkan periode sebelumnya, yang jumlahnya 57 kasus.

Demikian diungkapkan Ketua Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen [AJI] Indonesia Erick Tanjung dalam ‘Peluncuran Catatan AJI atas Situasi Kebebasan Pers Indonesia 2021″ dilaksanakan secara daring, di Jakarta, Senin 3 Mei 2021.

Menurut Erick, pelaku kekerasan terhadap wartawan ini beragam, mulai dari oknum jaksa, advokat, pejabat, polisi, hingga Satpol PP atau aparat pemerintah daerah. Oknum polisi menempati peringkat pertama atau sekitar 70 %. Kemudian, pelaku kekerasan lainnya adalah advokat, jaksa, pejabat pemerintahan/eksekutif, Satpol PP/aparat pemerintah daerah, dan pihak tidak dikenal, sebagaimana dilansir tirto.id.

Beberapa kasus kekerasan yang jadi perhatian AJI Indonesia setahun terakhir ini adalah kekerasan yang dialami wartawan Tempo di Surabaya, Nurhadi. “Beliau dipukuli, penganiayaan, dan mendapatkan intimidasi saat melakukan peliputan untuk konfirmasi kepada salah satu mantan pejabat di Kemenkeu.