Akhyar Buka Workshop: Era Digital Tuntut Inovasi

0
33

Medan-Intipnews.com:Kami menyambut baik workshop ini. Apalagi di era digital yang menuntut kita untuk bisa berinovasi dan bertransformasi khususnya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Sebab, tidak jarang keberadaan penyimpanan dan pengelolaan arsip yang dilakukan konvensional, menjadikan pelayanan sedikit terhambat karena harus mencari data lewat berkas secara manual,” kata Akhyar [foto].

Ungkapan itu disebutkan Plt Walikota Medan H Akhyar Nasution saat membuka Workshop Sistem Informasi Kearsipan Nasional [SIKN] dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional [JIKN] Tahun 2020 di Hotel Aryaduta, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Rabu 19 Februari 2020.

Workshop diikuti sejumlah lembaga dan dinas kearsipan daerah dari kabupaten/kota di Sumatera Utara [Sumut] termasuk Kota Medan. Tujuannya untuk mensosialisasikan, menyamakan persepsi dan memberikan pemahaman kepada lembaga kearsipan.

Didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Maya Fitriani dan Kadis Kominfo Zain Nouval, Akhyar mengungkapkan pentingnya pemahaman pengelolaan arsip berbasis digital. Hal ini apalagi bertujuan untuk mengefisiensi tempat dan waktu pengelolaan yang dapat diminimalisir.

“Inovasi yang dilakukan juga harus dikuti dengan regulasi yang sesuai, sehingga ke depan dapat terawasi dengan baik. Kami berharap, sistem ini semakin membantu kita dalam bertugas, khususnya dalam menata arsip Pemko Medan agar tersimpan dan terjaga dengan baik,” harap Akhyar. *Itp-03