Akibat Corona, Bawang Putih Melambung di Medan

0
89
Ilustrasi. Istimewa

Kalimantan Timur, DKI, Yogyakarta, dan daerah lainnya bawang putih ikut melambung gila-gilaan. Direktur Eksekutif Indef menilai, akibat kelangkaan pasokan,…

Medan-Intipnews.cm:Setelah virus corona merebak di China, Harga bawang putih melambung drastis di Kota Medan, Sumatera Utara. Di pasar-pasar Medan terpantau harga bawang putih mengalami kenaikan hingga 100 persen.

“Sekarang harga jualnya bawang putih Rp50 ribu per kilogram,” kata seorang pedagang di Pusat Pasar Medan, Bu Simanjuntak. Sebelumnya sesudah ada harga bawang putih Rp25 ribu per kilogram. Harga melambung tiga hari terakhir.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Selasa 5 Februari 2020, harga bawang putih melambung gila-gilaan juga terpantau terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Dari data Pusat Harga Pangan Strategis Nasional [PIHPS] harga bawang putih di Kalimantan Timur mencapai Rp58.000 per kilogram, di Provinsi DKI mencapai Rp57.500/kilogram.

Sementara di Yogyakarta Rp56.250 per kilogram. Kenaikan harga tersebut terpantau mulai terjadi pada akhir Januari 2020, saat harga bawang putih masih normal, yaitu di kisaran Rp20.000 per kilogram.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance [Indef] Tauhid Ahmad menilai kenaikan harga disinyalir terjadi akibat kelangkaan pasokan bawang putih di dalam negeri.

Menurut dia, ada sejumlah faktor yang memicu kelangkaan pasokan bawang putih ini. Salah satunya pasokan bawang putih yang diindikasi terhambat karena ada virus Corona di Cina. Hal ini, kata dia, mengingat 95 persen pasokan bawang putih Indonesia berasal dari Cina. *Itp-17

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini