Anak Chairul Tanjung Staf Khusus Jokowi, Apa Kata Putri…

0
229
Putri Tajnjung [anak Chairul Tanjung]. Foto Istimewa

Berdasarkan Perpres Nomor 144 Tahun 2015, gaji Staf Khusus Presiden ditetapkan sebesar Rp 51 juta per bulan, sudah termasuk gaji pokok, tunjangan kinerja,…

Jakarta-Intipnews.com:Presiden Joko Widodo [Jokowi] menunjuk 7 figur anak muda [kalangan milenial] sebagai staf khusus kepresidenan pada Kamis 21 November 2019. Staf khusus baru Jokowi yang diperkenalkannya sendiri itu, salah satunya Putri Tanjung [anak Chairul Tanjung] merupakan CEO Creativepreneur.

Ada Adamas Belva Devara CEO Ruang Guru dan Andi Taufan Garuda CEO Amartha, Ayu Kartika Dewi selaku pendiri Gerakan Sabang Merauke, Gracia Billy Mambrasar pemuda Papua yang mendapatkan beasiswa di Oxford, Angkie Yudistia Pendiri Thisable Enterprise dan Aminuddin Maruf aktivis kepemudaan mahasiswa.

Ke 7 staf khusus baru Jokowi ini pun akan menerima gaji diatur dalam Peraturan Presiden [Perpres] Nomor 144 Tahun 2015 tentang besaran Hak Keuangan Bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten dan Pembantu Asisten. Berdasarkan beleid itu, gaji Staf Khusus Presiden ditetapkan sebesar Rp 51 juta.

Gaji itu merupakan pendapatan keseluruhan dan sudah termasuk di dalamnya gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan pajak penghasilan. Berbeda dengan menteri dan wakil menteri, Staf Khusus Presiden tidak memperoleh rumah dan kendaraan dinas.

Tugas, fungsi dan segala hal yang mengatur Staf Khusus Presiden, diatur dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2018 tentang Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Tujuh Staf Khusus Presiden berfoto bersama Presiden Joko Widodo di bean bag veranda Istana Merdeka. Foto Istimewa

“Pengangkatan dan tugas pokok Staf Khusus Presiden ditetapkan dengan Keputusan Presiden,” demikian bunyi Pasal 21 Perpres tersebut.  Dan Presiden Jokowi mengumumkan 7 orang staf khusus baru itu dengan duduk santai di bean bag di veranda Istana Merdeka, Jakarta. Total staf khusus ada 14 orang yang akan membantu Jokowi di periode keduanya.

Indonesia Miliki Potensi Ekonomi Kreatif

Salah satu dari 14 staf khusus Jokowi, ialah Putri Indahsari Tanjung. Apa katanya? Dalam acara pengenalan itu pula, Putri menjawab keraguan terkait dengan nama ayahnya sebagai pemilik CT Corp, Chairul Tanjung.

Alhamdulilah, terima kasih Pak Jokowi sudah mempercayai saya untuk jadi staf khusus di umur yang 23 tahun ini. Jadi memang saya dari umur 15 tahun sudah berkarya sendiri, mencoba untuk independen. Awalnya memang dari pressure karena orang pasti menyambungkan saya sama bapak saya,” tuturnya

Dia menyebutkan, diumur 15 tahun mendirikan Creativepreneur, Creativepreneur itu adalah sebuah event organizer, yang khusus menyebarkan virus enterpreneurship ke seluruh Indonesia. Usaha yang dirintisnya sengaja dikemas dengan gaya anak muda. Ia menilai anak muda akan melihat suatu produk dari sisi kemasannya.

Anak dari Chairul Tanjung ini menyebut dirinya sebagai Chief Business Officer dari Kreavi, yaitu platform kreatif yang mewadahi 55 ribu creative creators. Wanita berambut panjang ini yakin bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi kreatif yang luar biasa. *Itp-17-kpn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini