Antonius Tumanggor: Dinas Pertanian dan Perikanan Aktifkan Kembali Pembibitan

7
Antonius Tumanggor
Antonius Tumanggor. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Pada masa pandemi covid-19 saat ini, sebaiknya Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan dapat mengembangkan program pemberdayaan lahan pekarangan dengan tanaman produktif dan beternak ikan lele.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Nasdem Antonius Tumanggor kepada wartawan, Senin 23 Agustus 2021 di gedung DPRD Medan. 

“Program ini tahun lalu sudah direalisasikan melalui pemberian bibit tanaman cabai dan bibit ikan lele untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19,” jelas anggota komisi 4 DPRD Medan.

Sudah saatnya sebut Antonius, Pemko Medan melaksanakan program tersebut karena adanya penerapan PPKM Level 4 di Kota Medan. Dan OPD harus inovatif mendukung kerja keras Walikota Medan M Bobby Nasution dalam menangani pandemi Covid-19, baik itu penyiapan Isoter ataupun dukungan terhadap yang melakukan Isoman.

Inilah saatnya Dinas Pertanian dan Perikanan kembali menjalankan program  tanaman produktif dan ternak lele yang memanfaatkan lahan pekarangan. Karena sebelumnya, Dinas tersebut sudah menjalankan program tersebut. “Program ini harus dijalankan kembali supaya warga kota Medan yang terdampak pandemi Covid-19 mempunyai kegiatan yang bermanfaat secara ekonomi, paling tidak untuk kebutuhan keluarga dapat teratasi,”ujar Antonius Tumanggor.

Antonius mencontohkan, tahun lalu warga Medan Helvetia membentuk Poktan (Kelompok Tani) dan mendapat bantuan bibit ikan dan bibit tanaman. Bahkan saat Reses maupun Sosper, dirangkaikan dengan pembagian bibit ikan lele dan ikan nila serta bibit bunga dan tanaman produktif. Masyarakat sudah merasakannya sehingga perlu digalakkan kembali.

Bahkan, kalau bisa ternak ayam dan itik dalam waktu dekat ini, pihak Dinas Pertanian dan Perikanan membagikan ternak ayam kampung dan itik, serta pakan ternak kepada kelompok tani yang sudah terbentuk, agar masyarakat punya kesibukan dan membatasi kegiatan di luar rumah.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Risyad Marbun mengatakan, pihaknya masih terus mengembangkan pembibitan ikan dan tanaman produktif untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang masih berjangkit di Kota Medan.

Pengembangbiakan bibit ikan dan tanaman produktif ini untuk menampung permintaan warga yang memanfaatkan lahan pekarangan dan kolam sederhana. Sampai saat ini permintaan akan bibit ikan dan tanaman produktif terus berdatangan dari warga.

“Pada TA 2022 pun sudah kita programkan agar permintaan bibit ikan dan bibit tanaman produktif bisa terpenuhi”ujar Marbun. **