Medan-Intipnews.com:“Kalau dulu mengurus serifikat tanah sangat sulit tapi sekarang sangat mudah, bahkan petugas jemput bola,” demikian ungkap Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, saat Pemko Medan menerima 17 sertifikat aset tanah dari Badan Pertanahan Nasional [BPN] pada acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Seroja [foto].

Arief mengimbau warga yang belum mengurus sertifikat segera memanfaatkan kemudahan yang telah diberikan oleh pemerintah. Selain Medan, ada 11 kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara [Sumut] yang melakukan penyerahan sertifikat untuk rakyat pada waktu bersamaan.

Penyerahan sertifikat untuk rakyat secara virtual dilakukan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Sofyan Djalil, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan serta Gubsu Edy Rahmayadi di Kabupaten Humbanghasundutan.

Untuk Sumut, ada 20.000 sertifikat yang diserahkan. Diharapkan, sertifikat yang diserahkan itu dapat bermanfaat sebagai tanda kepemilikan yang sah atas tanah miliknya. Arief Sudarto menyebutkan, target sertifikat yang akan diserahkan di Kota Medan tahun 2020 sejumlah 3.000 sertifikat, sedangkan yang sudah selesai 1.226 sertifikat.

“Hari ini secara simbolis sertifikat yang diserahkan di Kota Medan sebanyak 50 sertifikat, 17 di antaranya merupakan sertifikat tanah aset Pemko Medan, 2 sertifikat untuk Pemprov Sumut dan 1 sertifikat untuk PLN dan sisanya untuk warga,” kata Arief Sudarti, Selasa [27/10]. * Itp-04

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini