Asahan Kembangkan Pisang Komersial untuk Indonesia dan Ekspor

110
Bupati Asahan H Surya [tengah] menunjukkan bibit pisang komersial hasil laboratorium

Asahan-Intipnews.com:Pertama di Kabupaten Asahan dan terbesar di Sumatera Utara, laboratorium mengembangkan kecukupan benih pisang komersial untuk Asahan dan seluruh Indonesia serta diekspor ke luar negeri.

Demikian diungkapkan Bupati Kabupaten Asahan, Sumatera Utara H Surya, BSc saat meninjau pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan di laboratorium PT Hijau Surya di Kelurahan Seirenggas Kecamatan Kota Kisaran Barat, Sabtu Agustus 2020.

“Diharapkan laboratorium ini siap memproduksi bibit pisang komersial secara global tapi juga  untuk masyarakat petani di Kabupaten Asahan,” ujar H Surya. Menurutnya, laboratorium kultur jaringan yang saat ini dikembangkan oleh PT Hijau Surya dipimpin Irwansyah Tjong merupakan yang pertama di Asahan, Sumatera Utara [Sumut].

Pimpinan PT Hijau Surya Irwansyah Tjong menjelaskan, laboratorium PT Hijau Surya  saat ini tengah mengembangbiakkan dua  jenis pisang melalui kultur jaringan yaitu Pisang Ameh Pasaman dan Pisang Barangan Merah.

Kedua  jenis pisang yang merupakan sebuah harapan untuk menjadi sumber benih pisang komersial. Lewat kultur jaringan yang dimulai sejak 2018 lalu, tegas Irwansyah, ditargetkan pada tahun 2020 bisa menghasilkan 10 ribu tunas bibit Pisang.  Selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat Asahan dan dikirim ke seluruh wilayah Indonesia.

* Laporan Dolly Simbolon