Atasi Medan ‘Kota Terjorok’, Bobby Olah Sampah dengan Alfimer

66
Atasi Medan ‘Kota Terjorok’
Atasi Medan ‘Kota Terjorok’, Booby olah sampah dengan alfimer

MedanIntipnews.com:Atasi Medan ‘Kota Terjorok’, Bobby sebut olah sampah dengan Alfimer. Program pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi Advanced Land Fill Mining With Material & Energy Recovery [Alfimer], diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah di TPA Terjun dan mengubah status ‘Medan Kota terjorok’.

Demikian diungkapkan Walikota Medan, Bobby Nasution saat melaunching pilot project penanggulangan dan penanganan sampah domestik di tempat pembuangan akhir [TPA] Desa Terjun, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Dijelaskan Bobby, TPA Terjun ini menggunakan sistem open dumping, sehingga Kota Medan mendapatkan status Kota Terjorok dari Kementerian Lingkungan Hidup. Guna mengubah status ini pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi Alfimer harus dilakukan.

Atasi Medan ‘Kota Terjorok’, Booby sebut olah sampah dengan Alfimer. Selain itu Pemko Medan berkomitmen untuk mengubah status Kota Terjorok dengan menyiapkan 50 hektare lahan TPA regional baru di Talunkenas, Deliserdang. TPA baru ini nantinya bakal memakai sistem sanitary landfill.

Bertemu Menteri Ceko

Hal itu diungkapkan Bobby di hadapan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Wakil Walikota Aulia Rahman, Walikota Binjai Amir Hamzah, Bupati Serdangbedagai [Sergai] Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai Adlin Umar, Bupati Kabupaten Karo Corry Sriwati Sebayang dan mewakili Bupati Deliserdang dan yang mewakili Bupati Langkat.

“Kita menargetkan Medan tak lagi menjadi salah satu ‘Kota Terjorok’ di Indonesia. Hal ini dengan mengubah sistem pengelolaan tempat pembuangan akhir [TPA] yang selama ini menggunakan sistem open dumping menjadi sistem sanitary landfill,” ujar Bobby.

Selain itu kata Bobby Nasution, Pemko Medan telah mempersiapkan 50 hektare lahan yang nantinya bakal menjadi TPA regional. Lokasinya berada di Talunkenas, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Artinya bersama Pemerintah Provinsi Sumut dan Deliserdang, diharapkan ini akan segera terealisasi untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan.

Menurut Walikota Medan Sabtu [3/7/21], mengatasi masalah TPA Desa Terjun yang tak bisa diubah dari open dumping ke sanitary landfill. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan sistem Bio Teknologi. Ini penanggulangan dan pengubahan sampah baru dengan biaya murahan serta ramah lingkungan.