Austin-As Atmadi Ungkap Sejarah Tokoh Pers Perempuan Hj Ani Idrus

0
56

MedanIntipnews.com:Mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Medan [Unimed] melaksanakan diskusi ‘Perjuangan Wartawati Ani Idrus dalam bidang pers’ secara virtual, Sabtu 24 April 2021 pukul 14.00 WIB, menampilkan narasumber Wakil Pemimpin Redaksi Waspada Online Austin Ernst Antariksa Tumengkol dan Wartawan senior serta Pemimpin Umum Intipnews.com As Atmadi yang pensiunan Harian Waspada.

Diskusi dengan moderator mahasiswa sejarah Unimed Dakka Harris Verdinand Lumbantobing, menurut mahasiswa berjalan cukup menarik. Dimulai oleh Austin yang kerabat dekat Hj Ani Idrus [cucu], mengungkap sejarah perjalanan tokoh pers perempuan Ani idrus, di era pers perjuangan hingga Ordebaru dan di awal proses reformasi.

“Bunda [sapaan keluarga untuk Ani Idrus], bagi saya pejuang perempuan keras dan gigih melalui pena [jurnalistik]. Tak kenal menyerah, dan di zamannya bisa terlihat Bunda selalu tampil di antara kaum laki-laki. Apakah itu tokoh politik, tokoh pers lainnya, menteri sampai presiden,” ungkap Austin sambil menunjukkan dokumen gambar-gambar perjalanan Hj Ani Idrus sebagai tokoh pers tiga zaman.

Disambut As Atmadi sebagai saksi hidup 30 tahun bersama Hj Ani Idrus pendiri Majalah Dunia Wanita tahun 1949 dan H Muhamad Said yang bersama Ani Idrus mendirikan Harian Waspada tahun 1947.

“Saya kenal Ani Idrus tokoh Pers yang sangat luar biasa, tidak ada duanya. Dan sesungguhnya tidak banyak yang tahu,” kata As Atmadi yang belakangan mendampingi Ani Idrus hingga akhir hayatnya dalam memimpin Waspada dan Dunia Wanita.