Banjir di Nagan Raya merendam rumah warga. Foto Istimewa

Nagan Raya-Intipnews.com:Disebabkan meluapnya air Sungai Lamie, sejumlah 10 desa di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sejak Minggu malam terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 centimeter, sehingga mengakibatkan aktivitas warga di daerah itu terganggu.

Desa-desa di Kecamatan Tripa Makmur  yang terendam banjir adalah Panton Pange, Ujong Krueng, Mon Dua, Neubok Yee PP. Neubok Yee PK, Pasie Keubeu Dom, Kabu, Lueng Keubeu Jagat, Drien Tujoh, serta Babah Lueng.

Banjir luapan air sungai juga merendam kawasan permukiman penduduk di Kabupaten Aceh Selatan. Informasi dihimpin Intipnews.com Selasa 19 November 2019, kondisi banjir mulai surut, dan sebagian penduduk yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke kediamannya.

Kendati demikian warga dan petugas bersiaga, karena hujan masih terjadi di wilayah tersebut. “Penyebab musibah banjir yang melanda 10 desa di Nagan Raya karena meluapnya aliran Sungai Lamie,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya Muhajir Hasballah.

Ia juga memastikan ribuan warga di daerah itu juga terdampak banjir, karena sebagian besar rumah warga yang berada di kawasan tersebut terendam air dengan ketinggian berkisar antara 30-50 sentimeter.

Muhajir Hasballah juga mengakui pemerintah daerah setempat masih melakukan pendataan terhadap jumlah masyarakat yang terdampak musibah banjir.

“Kami masih memantau perkembangan banjir di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya,” Tukas Muhajir Hasballah. Sebelumnya sejam Minggu [17/11] banjir terus meluas, dan desa terparah dilanda banjir adalah Ujong Krueng, Kecamtan Tripa Makmur dengan ketinggian air mencapai 1 meter menggenangi rumah penduduk.

Hujan lebat melanda Nagan Raya menyebabkan Sungai Lamie meluap menggenangi rumah penduduk di dua kecamatan berkut desa-desa serta merendam jalan nasional di Krueng Trieng.

  • Laporan Didit Arjuna

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini