Bawaslu Simalungun Buka Rekrutmen 192 Panwascam

0
164
Kantor Bawaslu Kabupaten Simalungun

Simalungun-Intipnews.com:Badan Pengawas Pemilihan Umum  [Bawaslu] Kabupaten Simalungun [foto] secara resmi memulai proses perekrutan calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan [Panwascam] untuk Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] 2020.

Ketua Bawaslu Simalungun, Choir Nasution menyampaikan beberapa tahapan dilakukan Bawaslu dalam proses rekrutmen Panwascam. Tahapan pertama adalah tahapan sosialisasi yang diikuti dengan tahapan pengumuman pendaftaran yang dilaksanakan mulai  27 November sampai 3 Desember 2019.

Pendaftaran ini terbuka untuk umum asal memenuhi persyaratan. Dijelaskannya, syarat utama yang  dipenuhi oleh calon Panwascam, yakni berusia minimal 25 tahun.

Pendidikan terakhir minimal SMA, tidak pernah dipidana, bukan anggota partai politik [parpol], dan tidak pernah menjadi tim sukses sekurang-kurangnya lima tahun terakhir.

Kesempatan ini pun terbuka bagi Aparatur Sipil Negara [ASN] selama ada izin dari atasannya, jelasnya di hadapan para awak media di Kantor Sekretariat Bawaslu Simalungun, baru-baru ini.

Jumlah Panwascam Sesuai Jumlah Kecamatan

Tambahnya, berkas pendaftaran selanjutnya  akan diverifikasi atau diteliti dan masih terbuka waktu untuk masa sanggah mulai tanggal 12 sampai 15 Desember 2019. Diharapkan peran serta masyarakat luas untuk memberikan informasi atau masukan sehingga Bawaslu terbantu untuk menetapkan Panwascam yang memiliki integritas yang baik.

Di Pilkada 2020, Bawaslu Simalungun akan merekrut 96 orang Panwascam. Jumlah Panwascam tidak lepas dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun memiliki 32 kecamatan. Setiap kecamatan membutuhkan tiga orang Panwascam.

“Total Panwascam yang kita butuhkan sebanyak 192 orang. Sejumlah 96 orang ditetapkan sebagai penerima Surat Keputusan [SK] sedangkan tiga orang lagi sebagai cadangan Pergantian Antar Waktu [PAW],” katanya. * Itp-Apl

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini