Bertemu Pimpinan PLN, Wagub: Danau Toba dan Nias Jadi Prioritas

0
258
Wagubsu Musa Rajekshah [kanan] menerima Pimpinan PLN Sumut yang baru

Medan-Intipnews.com:Bukan hanya objek wisata prioritas Danau Toba saja, Musa Rajekshah berharap PT PLN bisa memenuhi kebutuhan listrik desa-desa di Sumut, terutama di Nias.

“Selain Danau Toba, desa juga perlu kita perhatikan, terutama Nias, karena di Nias masih banyak yang belum menikmati listrik,” kata Wakil Gubernu Sumatera Utara [Wagubsu] Musa Rajekshah saat bertemu Pimpinan PN umut yang baru.

“Ini tentu bisa menghambat perkembangan Nias,” tambah Wagubsu didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Mhd Fitriyus dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumut Zubaidi.

Walikota Gunung Sitoli Lakhomizaro Zebua yang hadir pada audiensi Pimpinan PLN Selasa 19 November 2019 ini mengamini, masih banyak desa di Nias yang belum dialiri listrik. Dia berharap GM PT PLN yang baru dapat memfokuskan pelayanan kelistrikan di Nias.

“Di Nias memang masih banyak yang belum teraliri listrik, terutama desa-desa, padahal warga di desa itu cukup banyak,” katanya. GM PT PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra menyampaikan, keselarasan program-program PT PLN dengan Pemprov Sumut akan semakin meningkat ke depannya.

Pengembangan Danau Toba Program Pemerintah Pusat

“Saya melanjutkan pekerjaan pimpinan PLN sebelumnya yang sudah punya hubungan baik dengan Pemprov Sumut. Sekarang kita fokus ke pelayanan kelistrikan di Danau Toba dan PT PLN memang sudah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan ini,” kata Irwansyah Putra, yang datang bersama jajarannya.

Wagubsu berharap General Manager [GM] PT PLN [Persero] Unit Induk Wilayah [UIW] Sumut yang baru M Irwansyah Putra dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut. Objek wisata dan desa diharapkan dapat menjadi program prioritas.

Objek wisata yang menjadi fokus, menurut Wagub, antara lain Danau Toba. Karena saat ini, Pemprov Sumut sedang berupaya menggenjot pembangunan destinasi wisata kelas dunia tersebut. Pengembangan Danau Toba juga merupakan program pemerintah pusat, sehingga perlu menjadi prioritas utama.

Sebelumnya, 29 Oktober 2019, PT PLN telah menandatangani Memorandum of Understanding [MoU] dengan Kementerian Pariwisata [Kemenpar] dan Pelindo III, untuk memasok listrik di 10 destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Danau Toba.

  • Laporan Roni Neliati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini