BI Sumut: Dorong Pulihkan Ekonomi, dengan Mudahkan Urusan Izin Usaha

11
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia [BI] Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo

MedanIntipnews.com:“Berikan kepercayaan, kemudahan pengurusan izin usaha, kenyamanan dan keamanan bagi para investor untuk berivestasi, sehingga mendorong pemulihan ekonomi Sumut,” kata Kepala KPw BI Sumut ini diacara Capacity Building North Sumatra Invest Business Profile Challenge [NSI-BPC] 2021 di Hotel Santika Medan, Rabu [19/5/21].

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia [BI] Provinsi Sumatera Utara [KPw BI Sumut] Soekowardojo menyebutkan pula, investasi menjadi salah satu faktor penting dan memiliki kontribusi signifikan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional maupun daerah.

Menurut Soekowardojo, pertemuan ini merupakan lanjutan dari Kick-Off NSI-BPC pada 4 Mei 2021 dan Capacity Building NSI-BPC 2021, juga sebagai wujud sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sumut [Pemprovsu] dengan KPw BI Sumut. Sekaligus untuk lebih meningkatkan kinerja investasi dalam upaya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Bank Indonesia sampaikan terima kasih atas peran serta kementerian/lembaga terkait dari pemerintah pusat dan kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang mendukung terselenggaranya Kick-Off dan Capacity Building NSI-BPC 2021,” kata Soekowardojo.

Kegiatan hari ini dan 2 hari ke depan, sambungnya lagi, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan kepada kabupaten/kota se-Sumut, mengenai kebijakan investasi nasional.

Juga regulasi dan fasilitas dari pemerintah terkait investasi di daerah, dan kemampuan memetakan potensi investasi daerah, serta teknis menyusun dokumen studi pendahuluan suatu proyek investasi daerah.

Soekowardojo menyebutkan, perekonomian Sumatera Utara pada triwulan-1 tahun 2021 mulai menunjukkan perbaikan dengan kontraksi yang semakin rendah menjadi -1,85% [yoy], lebih baik dibandingkan triwulan-4 2020 yang sebesar -2,94% [yoy].

“Meskipun masih dalam zona kontraksi, namun arah pertumbuhan ekonomi yang terus membaik menunjukkan Provinsi Sumatera Utara, memiliki potensi ekonomi yang besar,ā€¯jelasnya.

Didukung dengan kebijakan Pemerintah Daerah yang semakin efektif dalam mempercepat pemulihan ekonomi, lanjutnya, tanpa meninggalkan kebijakan kesehatan masyarakat melalui pengendalian pandemi Covid 19 secara ketat.

“Dari sisi penawaran, perbaikan, terutama didorong oleh akselerasi produk ekspor dari sektor industri pengolahan dan perkebunan. Sejalan dengan menguatnya perekonomian dunia, demikian juga untuk usaha bangunan dan perdagangan,” tuturnya.

* Itp-04