Bisnis Fashion, Peluang Usaha Mahasiswa di Era Digital

0
45

Laporan Natasya Veronica

Intipnews.com:KEMAJUAN digitalisasi semakin marak di berbagai bidang khususnya di dunia bisnis. Akibat berkembangnya pengguna internet, banyak pelaku bisnis yang sadar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berbisnis.

Terkhusus bagi anak muda zaman sekarang sebagai generasi melek teknologi, menjadi kesempatan bagi mereka untuk memulai bisnis online sejak dini. Fashion merupakan salah satu produk yang banyak dicari di pasar online.

Kemudahan pemasaran produk fashion secara online membuat para penjual berlomba-lomba memasarkan produknya melalui dunia maya karena lebih mudah menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Jika dibandingkan dengan mendirikan toko di suatu tempat, tentunya bisnis fashion online jauhlebih menguntungkan.

Hal ini disetujui oleh Faiz Aqsa Indrawan, pemilik clothing line AUTODIDAC, yang .
merupakan brand lokal asal Medan yang dimulai Faiz sejak tahun 2020 melalui
akun Instagram. Menurutnya, membangun usaha secara online jauh lebih mudah karena sangat membantu untuk branding produk-produk yang ia miliki.

Dibandingkan penjualan secara offline yang membutuhkan modal yang lebih besar tentunya. Sampai saat ini, tercatat akun Instagram @autodidact.official sudah memiliki pengikutmenyentuh angka 1 ribu followers. Tidak hanya media online Instagram, Faiz juga memperkenalkan dan memasarkan produk bisnisnya melalui marketplace.

Bagi Faiz, Instagram menjadi tempatnya untuk mempromosikan brand produk miliknya yang diisi dengan konten-konten menarik. Hadirnya marketplace di dunia bisnis menjadikan para penjual untuk mengembangkan usahanya dan lebih banyak berinteraksi dengan para calon konsumen.

“Dibantu adanya marketplace untuk berjualan dan sewaktu-waktu mudah mengatur harga jika katalog-katalog tersebut akan didiskonkan. Terlebih pada masa sekarang banyak orang yang lebih suka untuk berbelanja online karena pada beberapa marketplace kita akan mendapatkan bonus cashback dan gratis ongkir,” ujar pemuda asal Medan kelahiran 26 April tahun 2000 ini.

Penjualan secara online pastinya sangat membawa keuntungan untuk penjual maupun
konsumen. Faiz merasakan banyak keuntungan dalam menjalankan bisnis fashion secara online, mulai dari modal yang dikeluarkan tidak besar dan Ia bisa bekerja setiap saat.

Di lain sisi, Faiz merasakan masih banyak calon pembeli masih ragu membeli baju secara online, karena beberapa orang lebih memilih melihat produk secara langsung. Terlebih apabila produk yang akan dibeli dari brand yang masih baru.