BKB Sumut Disambut, Sunat Massal Lebihi Target

0
9
Sebagian peserta sunatan massal berfoto sejenak di depan mobil operasi kesehatan [MOL]

SibolgaIntipnews.com:Tim dokter dari program Bakti Kesehatan Bermartabat [BKB] Sumatera Utara [Sumut], disambut Warga. Khusus khitan [sunatan] massal, antusias masyarakat cukup tinggi. “Seperti di Sibolga, yang mendaftar 80 orang, tetapi di lapangan sudah mencapai 160 orang,” jelas Harry Yusmanadi.

Ketua satuan tugas [Satgas] BKB Sumut, Harry Yusmanadi menyampaikan hal tersebut ketika melanjutkan pelayanan kesehatan keliling dengan mobil operasi lapangan [MOL] ke kawasan Pantai Barat, yakni Tapanuli Utara [Taput], Tapanuli Tengah [Tapteng] dan Sibolga, Sabtu 3 April 2024.

Kehadiran dokter kesehatan MOL ini disambut antusias tinggi oleh masyarakat. Juga sambutan pemerintah kabupaten/kota yang didatangi. “Mereka merasa terbantu dengan kehadiran MOL berfasilitas standar ruang operasi tersebut. Pada dasarnya ini pelayanan khusus operasi katarak, bibir sumbing, tumor [kecil], serta khitanan massal,” ujar Harry.

Jadi, katanya, kedatangan mereka ke kabupaten/kota bukan mengambil alih tugas dari fasilitas kesehatan [faskes]. “Namun membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara khusus,” tukasnya.

Wakil Ketua Satgas BKB Sumut yang juga dokter spesialis bedah plastik Eddy Sutrisno Hendrowasito menyebutkan, keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan gratis tersebut sangat besar. Seperti di Tapanuli Utara [Taput], tim BKB Sumut diminta datang lagi untuk melayani masyarakat.

  • Laporan Roni Nelati