Bobby Nasution: 5 OPD Pemko Medan Mutu Pelayanannya Buruk

10
Bobby Nasution
Bobby Nasution. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Menurut hasil Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan tim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Sumatera Utara (USU), ada 5 pelayanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemko Medan mutu pelayanannya buruk. Di antara 5 OPD tersebut adalah RSUD Pringadi Medan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. 

Nilai hasil survei tersebut OPD mendapat nilai D tidak baik dan 2 mendapat nilai C kurang baik. Hal ini menjadi perhatian Walikota Medan Bobby Nasution. Untuk itu Bobby menginstruksikan kepada 4 OPD tersebut untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan lebih, dalam memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Walikota Medan Bobby Nasution setelah mendengarkan pemaparan hasil survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan tim dari USU, Selasa 10 Agustus 2021 di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan.

Hadir dalam pertemuan Sekda Wiriya Alrahman, Koordinator Pelaksana Survey Hendra Harahap MSi PhD, Kadis PU Zulfansyah, Kadis Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Edliaty, Plt Inspektur Laksamana Putra, Sekretaris Dinas Kebersihan Pahri Matondang, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Masyarakat Mardohar Tambunan, dan Dirut RS Pirngadi Suryadi Panjaitan.

Bobby Nasution memberikan waktu dua pekan kepada pimpinan RSUD Dr Pirngadi dan 4 OPD tersebut, untuk memetakan masalah dan menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam meningkatkan mutu pelayanan.

“Petakan masalahnya dan paparkan langkah apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan pada sembilan unsur kepuasan masyarakat yang telah disurvei ini,” tekan Bobby Nasution. Kesembilan unsur kepuasan masyarakat telah disurvei, ini adalah persyaratan, prosedur, waktu pelaksanaan, biaya, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, saran, dan masukan, serta sarana dan prasarana.

Bobby Nasution mengatakan, hasil survei ini harus didalami dan ditindaklanjuti dengan baik agar nilai kepuasan masyarakat terhadap meningkat.”Bukan hanya OPD yang berhadapan dan berkomunikasi langsung dengan warga yang harus meningkatkan mutu pelayanan, semua OPD bekerja untuk masyarakat. OPD bekerja dengan anggaran, dan anggaran itu berasal dari masyarakat,” tegas Bobby Nasution.