Bobby Nasution: Besok KM Bukit Raya Dioperasikan

8
Bobby Nasution Besok KM Bukit Raya
Foto: Ist

* Untuk Warga Isoman Terpapar Covid-19

* Terutama Warga yang Bermukim di Kawasan Medan Utara

MedanIntipnews: Besok KM Bukit Raya akan dioperasikan untuk warga yang terpapar covid-19. Setelah dilakukan peninjauan, KM Bukit Raya sudah siap untuk dijadikan tempat isolasi mandiri atau Isoman. Demikian kata Walikota Medan Bobby Nasution, Kamis (19/8/2021) di Pelabuhan Belawan.

Menurut Bobby Nasution, Kapal milik PT Pelni (Persero) itu akan  menjadi tempat isolasi mandiri (Isoman) bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan gejala ringan atau tanpa gejala (OTG). Selain mencegah warga yang terpapar berinteraksi dengan warga yang belum terpapar, isoman itu dilakukan guna mempermudah penanganan. Apabila kondisi warga yang terpapar memburuk, bisa langsung dirujuk ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan yang lebih maksimal.

Saat ini Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, unsur Forkopimda, PT Pelni (Persero) dan PT Pelindo terus berkolaborasi dan bekerjasama untuk merampungkan seluruh persiapan yang dibutuhkan, sehingga KM Bukit Raya dapat dijadikan sebagai tempat Isolasi Terpusat (Isoter), terutama bagi warga yang bermukim di kawasan Medan bagian Utara.

| Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Bobby Persiapkan KM Bukit Raya untuk Lokasi Isoter

“Mudah-mudahan, seluruh persiapan yang dilakukan rampung besok sore dan malam harinya KM Bukit Raya sudah bisa digunakan sebagai tempat Isoter. Saat ini ada beberapa hal teknis yang perlu dirapatkan sekali lagi. Dengan demikian besok tidak hanya bisa menampung dari segi fisik (kesiapan KM Bukit Raya) saja, tapi juga pengorganisasian sebagai tempat Isoter.

Dikatakan Bobby Nasution, KM Bukit Raya dalam kondisi normal bisa menampung sebanyak 900-an penumpang. Akan tetapi berhubung dijadikan tempat Isoter untuk penanganan Covid-19 dan harus mengikuti protokol kesehatan (Prokes), maka KM Bukit Raya hanya diproyeksikan untuk menampung 485 orang dengan jarak dan tempat yang sudah diatur. Selain itu, imbuhnya, KM Bukit Raya juga didukung dengan fasilitas kesehatan karena tujuan Isoman yang dilakukan untuk penyembuhan. Kemudian dilengkapi dengan tempat berjemur, kamar mandi beserta air panas serta televisi.