Boby Nasution ke Situs Sejarah Masjid Raya Al Osmani

0
58
Balon Walikota Medan, Boby Nasution tabur bunga di makam ulama terkenal di Masjid Al Osmani

Menantu Presiden Joko Widodo ini meyakini, mengunjungi sejarah relijius di Kota Medan mendorong publik sadar pejalanan sejarah dan perkembangan hidup yang islami…

Medan-Intipnews.com:Medan merupakan kota dengan sejarah yang panjang. Sebagai kota sejarah, Medan memiliki daya tarik dan potensi sangat besar, khususnya di sejarah religius.

Salahsatu situs sejarah relijius ialah Masjid Al Osmani Medan Labuhan. Masjid yang juga dikenal dengan Masjid Raya Labuhan itu pertama kali didirikan tahun 1854 oleh Raja Deli ke-7, Sultan Osman Perkasa Alam.

Mengunjungi Masjid Al Osmani bagaikan membuka kembali sejarah panjang Kerajaan Deli di Kota Medan. Ini membuat tertarik bakal calon [balon] Walikota Medan yang menantu Presiden Joko Widodo [Jokowi], mengunjungi jejak sejarah relijius, baru-baru ini.

Saat masuk ke masjid, Bobby mengamati prasasti lintasan sejarah masjid yang terletak di Kecamatan Medan Labuhan ini. Di situ tertulis masjid dibangun 1854 oleh Raja Deli ke-tujuh, Sultan Osman Perkasa Alam menggunakan bahan kayu, kemudian pada 1870 hingga 1872 dibangun permanen oleh anak Sultan Osman, Sultan Mahmud Perkasa Alam.

“Situs sejarah dan heritage di Kota Medan merupakan potensi membangun Kota Medan yang lebih berperadaban. Membangun Medan tak bisa lepas dari menjunjung tinggi kearifan lokal dengan mengedepankan warisan sejarah yang ada,” kata Boby yang mengusung konsep Kolaborasi Medan Berkah di Pilkada Medan September 2020.

Suami Kahiyang Ayu itu meyakini, mengunjungi sejarah relijius di Kota Medan akan mendorong publik sadar pejalanan dan perkembangan hidup yang islami. “Tinggal bagaimana pemerintah mendorong agar situs sejarah tetap dihormati dan dipelihara dengan baik, ” ungkap Boby.

  • Laporan Roni Neliati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini