Bupati Asahan di Haul ke-19 Almarhum Syekh Mustafa BS Rokan

63
Haul ke-19 Almarhum Syekh H Mustafa BS Rokan

Asahan-Intipnews.com:Bupati Asahan bersama Plh Sekdakab Asahan, beberapa OPD, Syekh Abu Shohir Sitepu S.Pdi, Syekh Dr H Ahmad Rajagukguk, camat dan Forkopimcam Kecamatan Sei Kepayang, Alim Ulama, dan masyarakat menghadiri haul ke-19 Almarhum Syekh H Mustafa BS Rokan sekaligus pameran sejarah peninggalannya [foto].

Haul Syekh Sabtu 12 September 2020 di Dusun Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Pelaksana kegiatan, Muhammad Taufik Hidayat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Asahan beserta seluruh undangan memperingati Haul Ulama kharismatik kelahiran Desa Sei Tualang Pandau tersebut.

Sementara Syekh Abu Shohir Sitepu merupakan cucu dari Syekh H bahwa pelaksanaan Haul ini adalah perdana dilakukan sejak almarhum meninggal dunia. Dalam mengenang ulama yang menguasai 6 bahasa itu, Abu Shohir menceritakan perjalanan hidup almarhum.

Di tempat yang sama, Bupati Asahan H Surya, B.Sc mengapresiasi masyarakat serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan haul Syekh H Mustafa BS Rokan. Bupati berharap agar peninggalan alamarhum dapat terus dijaga kelestariannya.

“Peninggalan tersebut merupakan situs sejarah yang harus kita lestarikan agar dapat menjadi pelajaran bagi generasi yang akan datang,” H Surya.

Kegiatan haul diisi dengan tausiah agama disampaikan oleh Syekh Dr H Ahmad Rajagukguk dari Kabupaten Simalungun dan diakhiri dengan doa bersama. Bupati Asahan berkesempatan ziarah ke makam Syekh H Mustafa BS Rokan dan meninjau pameran peninggalannya.

  • Laporan Dolly Simbolon