Bupati Asahan H Suryya [tengah] saat mengikuti upacara adat jamuan laut

Asahan-Intipnews.com:Bupati Asahan didampingi Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara Drs Jhon Hardi Nasution, M. Si dan beberapa OPD mengunjungi Kecamatan Silau Laut untuk menghadiri kenduri laut dilaksanakan masyarakat nelayan di Pulau Burung Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut, Minggu 6 September 2020.

“Kenduri laut yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, bentuk syukur atas diberikannya hasil laut yang melimpah kepada para nelayan. Memohonan kepada Tuhan YME untuk tetap diberi keselamatan dalam mencari nafkah di laut,” ujar tokoh masyarakat H. Ibrahim.

Dia berharap agar Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Asahan lebih memperhatikan nasib para nelayan serta bersama-sama menjaga ekosistem laut merupakan sumber penghasilan masyarakat Silau Laut .

Bupati Asahan H Surya, B.Sc senada dengan H Ibrahim, kenduri laut adalah tradisi adat budaya masyarakat di pesisir yang secara turun-temurun telah dilakukan sejak nenek moyang. Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap dapat terus dilestarikan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Asahan mengimbau masyarakat agar mematuhi protocol kesehatan di masa pandemi Covid 19 saat ini. Di kesempatan itu, beserta rombongan, tokoh adat dan tokoh masyarakat Bupati memotong limau [jeruk nipis] dan kambing yang merupakan ritual adat masyarakat nelayan. *Itp-17

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini