Bupati Bandung Barat dan Anaknya Tersangka Korupsi Bansos Rp 5,7 M

0
51
Tersangka Bupati Bandung Barat AUS. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] resmi menetapkan Bupati Bandung Barat AUS dan anaknya, AW selaku pihak swasta sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan paket bahan pangan [sembako] untuk penanggulangan pandemi Covid19, senilai Rp 5,7 Miliar.

Tak hanya anak dan ayah tersebut, KPK juga menetapkan pemilik PT PT JDG dan CV SSGCL, MTG sebagai tersangka dalam kasus ini. Para tersangka tersebut diduga total menerima keuntungan Rp 5,7 miliar dari dugaan korupsi tersebut.

Dalam kasusnya, AUS diduga terlibat dalam pengadaan paket bahan pangan bansos Jaring Pengaman Sosial [JPS] dan pengadaan bantuan sosial terkait PSBB. Anaknya AW dan MTG berperan menjadi vendor dalam pengadaan tersebut.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap, Bupati AUS diduga menerima uang sebesar Rp1 miliar. “Sedangkan anaknya AW, diduga menerima Rp 2,7 miliar. Total, keduanya menerima Rp3,7 miliar. MTG diduga menerima Rp2 miliar,” kata Alexander. Seyogyanya bapak dan anak ini dipanggil KPK Kamis [1/4] untuk kemudian ditahan.

Namun AUS dan AW mangkir dengan alasan sakit. Dengan perkara ini, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, akan menjadi Plt jika AUS ditahan KPK. “Plt biasanya wakil. [Tapi] tidak bisa definitif sebelum ada keputusan, jadi kita harus ada ada praduga tak bersalah, ya,” kata Emil kepada wartawan, Jumat 2 April 2021. * Itp-17