Bupati Batubara, H Zahir saat membuka UKW menuju profesionalisme jurnalis

Batubara-Intipnews.com:Bupati Batubara Ir Zahir M.AP membuka Ujian Kompetensi Wartawan [UKW] tahun 2020 di rumah dinas bupati di Komplek perumahan Tanjung Gading Kecamatan Seisuka. Kabupaten Batubara Sumatera Utara, Sabtu 14 November 2020.

Asro Kamal Rokan

UKW dihadiri Dewan Kehormatan PWI Pusat Asro Kamal Rokan, Ketua umum PWI Pusat Atal S Depari, Ketua PWI Sumut Drs Hermansjah, Ketua PWI Batubara Alpian S.Sos bersama pengurus, Kadis Kominfo Batubara Andre Rahadian AP, Kabid Kominfo Rizki Harahap, Ketua DPRD Batubara, Ketua Kadin Batubara, Pengurus PWI Asahan.

Hadir pula 4 orang penguji UKW Prof Dr Rajab Ritonga, Drs Hermansjah, Dr Dedi dan Drs Muhammad Syahrir. Bupati Batubara berharap, semoga UKW ini melahirkan wartawan yang profesional dan berkualitas.

Juga diharapkannya bantuan kawan-kawan wartawan dalam mem-publish pembangunan Batubara ke depannya menjadi proyek strategis nasional. Menurut Zahir, peran wartawan sangat penting dalam pembangunan Kabupaten Batubara.

Sementara, Dewan Khormatan PWI Pusat, Asro Kamal Rokan menjelaskan penulisan pemberitaan wartawan harus mengacu kepada Undang-Undang Pers dan kode etik jurnalistik. “Wartawan tidak boleh men-justice apalagi memvonis, dan tidak boleh memaksa narasumber di saat tidak berkenan memberi keterangan,” tegas Asro.

Asro juga menyampaikan, “Ini menjadi kehormatan bagi saya, selain tamu undangan di acara ini, saya juga bisa pulang kampung di tanah kelahiran di Simpang Dolok,” tukas Asro yang akrab dipanggil Atok. Ketua PWI Batuara Alpian menyebutkan, peserta yang ikut UKW 24 orang dibagi 4 kelas, dan 2 orang berhalangan hadir.

  • Laporan Joni Iskandar

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini