Bupati dan ketua TP PKK Batubara saat di lokasi pembuatan batik ecoprint Yogyakarta

Ketua TP PKK akan mengembangkan teknik membatik ecoprint di Batubara, karena bahan pembuatannya cukup banyak …

Batubara-Intipnews.com:Bupati Batu Bara Ir Zahir M.AP didampingi ketua TP PKK Batubara Ny Maya Indriasari Zahir mengunjungi lokasi batik ecoprint di jalan Turi km 4 Desa Kalangan Trimulyo Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Demikian disampaikan Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus SE M.Pd melalui pesan WhatsAAp-nya Jumat 21 Agustus 2020. Turut dalam kunjungan tersebut Kadis Koperindag UKM Ahmadan Choir, Kadisdik Ilyas Sitorus, Pengurus TP PKK serta Kabag Pemerintahan Arief dan Kabag Protokol Z El Waldip.

Diketahui Ketua TP PKK akan mengembangkan proses pengolahan teknik membatik pada batik ecoprint di Batubara, karena bahan pembuatannya cukup banyak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Menurut Presiden Direktur PT Milang Kari Persada Yogyakarta, batik ecoprint memanfaatkan berbagai dedaunan, bunga, dan ranting-ranting pohon yang disebarkan begitu saja secara acak atau ditata di atas kain.

“Bahan-bahan itu digunakan untuk menggantikan cap atau cetakan layaknya batik tulis umumnya,” katanya. Kemudian kain digulung dan direbus beberapa waktu hingga saat dibuka kembali sudah terbentuk gambar daun, bunga atau ranting. Seluruh pengerjaan dilakukan oleh para ibu-ibu.

Diinformasikan, Bupati Batubara Zahir akan mendukung penuh kegiatan tersebut yang nantinya akan dikembangkan di Batubara. Karena, hal ini merupakan salah satu instruksi Presiden bahwa percepatan pemulihan pertumbuhan ekonomi disektor ekonomi melalui UMKM dalam upaya pemulihan pertumbuhan ekonomi kembali di masa pandamik Covid 19.

“Khususnya kita di Batu Bara melalui kegiatan produktif yang akan di kembangkan oleh kelompok masyarakat atau ibu-ibu nantinya, kita akan siapkan fasilitasnya dan alat-alatnya juga” ucap Zahir.

* Laporan Joni Iskandar

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini