Bupati Labuhanbatu: Arsip Rekaman Kegiatan Peristiwa

0
37
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu ketika membuka kegiatan sosialisasi

Rantauprapat-Intainews.com:Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi yang dibuat diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah.

Hal itu disebutkan Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara, H Andi Suhaimi Dalimunthe, yang disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Leo Sunarta Marpaung, Rabu 27 November 2019 saat membuka sosialisasi/penyuluhan kearsipan jadwal retensi arsip di lingkungan Kabupaten Labuhanbatu 2019 di Platinum Hotel Rantauprapat.

Leo Sunarta menjelaskan, arsip mempunyai nilai dan arti penting karena merupakan bahan bukti resmi mengenai penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan kehidupan kebangsaan. Fungsi Jadwal Retensi Arsip [JRA] adalah sebagai pedoman penyusutan arsip dan pedoman penyelamatan arsip.

Pada dasarnya kegiatan penyelamatan arsip meliputi jadwal retensi arsip adalah daftar yang berisi sekurang-kurangnya yaitu, jangka waktu penyimpanan atau retensi, jenis arsip dan Keterangan yang berisi rekomendasi tentang penetapan suatu jenis arsip [dimusnahkan, dinilai kembali, atau dipermanenkan].

Sementara, Susilawati Ginting, ST selaku Ketua Panitia pelaksana kegiatan sosialisasi ini dalam laporannya menyebutkan, Tujuan kegiatan sosialisasi Jadwal retensi Arsip keuangan ini dilaksanakan adalah sebagai pedoman dalam penentuan jangka waktu penyimpanan dan penyusutan arsip keuangan berdasarkan nilai kegunaan.

Kegiatan diikuti 70 peserta para aparatur pemerintah di bidang keuangan baik di OPD, kecamatan, kelurahan dan desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Menghadirkan nara sumber dari pejabat ANRI Arsip Nasional Republik Indonesia [ANRI] Jakarta Hj Majuni Susi, dan dari Provinsi Sumatera Utara Menterina Dustiana Siregar.

  • Laporan Mhd Risfan
  • Baikan berita ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini