Sergai-Intipnews.com:Bupati Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara Senin, 20 Juli 2020, ke Dusun 3 Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, meninjau panen perdana [foto].

Bupati Soekirman mengatakan, hingga saat ini telah meninjau kondisi lahan pertanian, irigasi serta usaha perikanan air tawar dari masyarakat yang kreatif dan inovatif. Dan mampu menyesuaikan dengan kondisi dan iklim yang ada.

“Sergai ini berkecukupan air. Hal ini kami tindaklanjuti dengan pembangunan bendungan utama Sei Ular, disusul dengan bendungan lainnya seperti Bajayu, Sei Bamban, dan irigasi lainnya sehingga saat ini sudah mengairi ribuan hektar lahan petani,” katanya.

Dalam hal SDM Pemkab Sergai sangat mengapresiasi usaha dan kegotongroyongan masyarakat petani di sini dengan berswadaya bersama membangun dan memperbaiki saluran irigasi untuk lahan yang ada. “Ini merupakan bentuk nyata para petani di sini,” tukasnya.

Ketua Kelompok Tani Suka Maju Rony Purba menyampaikan mohon petunjuk tentang permasalahan irigasi, kelangkaan pupuk, infrastruktur jalan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya UMKM, usaha perikanan dan pertanian.

* Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini