Bupati Sergai: Pembangunan Pertanian untuk Meningkatkan Kesejahteraan Kehidupan Petani

11
Bupati Sergai

SerbajadiIntipnews: Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya membuka panen perdana kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Padi di Kelompok Tani Margo Mulyo, seluas 10 hektare (ha) dalam Gerakan Panen Serentak Tahun 2021, di Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, Sergai, Sumatera Utara (Sumut), Senin 23 Agustus 2021. 

Pembangunan pertanian dapat meningkatkan kesejahteraan petani untuk meningkatkan ketahanan pangan dan daya saing pertanian. Tujuan utama pembangunan ini untuk meningkatkan kehidupan petani dan keluarganya yang lebih baik dan sejahtera.

Dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula. Sementara ketersediaan lahan, terutama lahan sawah semakin sempit dengan adanya alihfungsi lahan, imbuh Bupati Sergai.

| BACA JUGA: Bupati Sergai Jadi Narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021

“Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Sumut. Produksi beras di Tanah Bertuah Negeri Beradat dari tahun ke tahun berfluktuasi, namun produksinya tetap surplus. Menurut angka sementara tahun 2020, produksi beras yang dicapai sebesar 246.282 ton dengan kebutuhan 77.169 ton, sehingga swasembada/surplus beras sebanyak 169.113 ton,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Darma Wijaya, dalam upaya membangun pertanian, Kabupaten Sergai bersinergi dengan berbagai pihak, baik dari sisi pendanaan maupun pendampingannya. Salah satu upaya yang dilakukan membuat kesepakatan bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang sudah ditandatangani pada Jumat,16 Juli 2021.