Bupati Sergai Tegaskan: Pelayanan Masyarakat Bebas Calo dan Pungli

7
Bupati Sergai menegaskan: pelayanan masyarakat bebas calo dan pungli

SergaiIntipnews.com:Bupati Sergai menegaskan, pelayanan masyarakat bebas calo dan pungutan liar [Pungli]. “Ini harus ditekankan kepada para petugas supaya menerapkan pelayanan yang bebas calo, bebas pungli,” katanya.

Hal itu diungkap Bupati Kabupaten Serdangbedagai, [Sergai], Sumatera Utara H Darma Wijaya, Senin [31/5/2021], menjelang 100 hari masa tugas bupati Darmawijaya dan Wakil Bupati [Wabup] H Adlin Umar memimpin ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’.

Bupati Sergai Darma juga menyebut penting mempermudah pelayanan publik. Terutama dalam proses pembuatan berkas-berkas kependudukan. Lewat aplikasi ‘Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat’ dinamai [Bakso Urat], layanan yang sebelumnya bersifat manual kini diperingkas melalui pemaksimalan IT.

“Di 100 hari masa kepemimpinan saya dan Pak Adlin, kami ingin agar masyarakat tidak lagi disulitkan dengan kendala jarak yang jauh. Misalnya warga dari Silinda dan Kotari mesti datang jauh-jauh untuk mengurus berkas kependudukan ke Sei Rampah karena pelayanan terpusat di Disdukcapil,” ucap Darma.

“Tidak cuma di Disdukcapil, tapi pelayanan masyarakat yang bersih dan bebas biaya juga harus dilakukan di tingkat kecamatan. Kami tidak mau menerima laporan dari masyarakat kalau mengurus berkas kependudukan dan dimintai biaya,” tukas Darma.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darma dan Wabup Adlin Tambunan juga me-launching 5 titik simpul pelayanan adminduk kecamatan. Ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan.

Selain dapat memangkas jarak, 5 titik simpul pelayanan di kecamatan ini juga bagian dari 100 hari kerja Bupati dan Wabup Sergai. Adapun 5 titik simpul pelayanan tersebut yaitu, di Kecamatan Perbaungan untuk melayani masyarakat Kecamatan Pantai Cermin dan Pegajahan.

Kecamatan Teluk Mengkudu melayani masyarakat di Kecamatan Seirampah, Tanjung Beringin dan Sei Bamban. Kecamatan Tebing Syahbandar untuk Kecamatan Bandar Khalipah dan Tebingtinggi. Kecamatan Dolok Merawan untuk Sipispis dan Dolok Masihul, dan terakhir, Serbajadi menangani Silinda, Kotari, dan Bintang Bayu.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Asisiten, Kepala OPD, camat serta kepala desa di lima Kecamatan se-Kabupaten Sergaibedagai.

  • Itp-04