Bupati Zahir: Batu Bara Gudangnya Ulama

0
177
Bupati Batu Bara H Zahir

Batu Bara-Intipnews.com:Kabupaten Batu Bara dalam sejarahnya adalah gudangnya para ulama dan qari/ qariah. Dengan berdirinya pondok pesantren ini tentu akan melahirkan generasi muda yang berpendidikan agama dengan baik menjunjung tinggi iman, akhlak, dan ilmu pengetahuan tentang Alquran.

Hal itu diungkapkan Bupati Batu Bara H Zahir saat peletakan batu pertama pembangunan Asrama Pondok Pesantren AL Mukhlisin di Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara Sabtu 18 Januari 2020.

Turut hadir Ketua Umum MUI Sumatera Utara Prof Dr H Abdullah Syah MA, Wakil Ketua DPRD Batu Bara Ismar Khomri, Ketua Bidang Pendidikan MUI Sumatera Utara  Prof Dr H Hasan Bakti Nasution MA, Sekretaris MUI Sumatera Utara H Arifinsyah, dana lainnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Batu Bara dan masyarakat yang telah mendukung sehingga terlaksananya kegiatan ini.

Pesantren Al- Mukhlisin lanjutnya, berdiri tahun 1998 terletak di Kecamatan Tanjung Tiram Desa Suka Maju, dan pesantren ini sudah menampung Santri ± 800 orang dengan luas kurang dari 1 Hektar.

Karena lokasi pesantren ini tidak bisa menampung santri yang baru, maka kami memberanikan diri untuk membuka cabang lokasi baru pesantren ini dengan nama yang sama yaitu Pondok Pesantren AL- Mukhlisin.

Luas lahan pesantren yang akan di bangun ini ± 2 Hektar yang merupakan wakaf dari H Suratman. Sampai dengan saat ini Pesantren AL- Mukhlisin sudah mengirim para alumni Santri ke Mesir 7 Orang dan sudah ada yang kembali ke Batu Bara untuk berdakwah.

Ketua Umum MUI Sumatera Utara mengatakan, adanya pesantren ini merupakan suatu keistimewaan bagi daerah Kabupaten Batu Bara, meningkatkan kualitas umat Islam khususnya anak-anak di Batu Bara.

Bupati Batu Bara H Zahir menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara bangga kepada pengurus pondok pesantren Tahfiz Quran Al-Mukhlisin yang berani memulai pembangunan dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Batu Bara dan setiap tahun terus berkembang dengan pesat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak H Suratman yang telah mewakafkan tanahnya untuk pembangunan pondok pesantren ini. Pemerintah Kabupaten Batu Bara pastinya sangat mendukung pembangunan pesantren ini,” kata Bupati Batubara.

Nantinya, menurut Bupati, akan di bangun  jalan menuju pesantren tahun 2021.” Saya ingatkan kepada camat dan lurah agar memasukan usulan pembangunan jalan ini dalam pelaksanaan Musrenbang desa maupun kecamatan.

  • Laporan Muhammad Amin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini