Buruh PT Un Demo ke Walikota dan DPRD Medan

0
4

MedanIntipnews.com:Puluhan karyawan perusahaan yang memproduksi roti kering Un menggelar aksi demo ke kantor walikota dan DPRD Kota Medan, Senin 3 Mei 2021 [foto]. Sekretaris DPC Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia [PPMI] Medan Renaldi mengungkapkan, ke kantor walikota ingin mengadukan perlakuan perusahaan disinyalir tidak manusiawi.

“Misi walikota ingin warganya sejahtera dengan tercapainya Medan berkah. Berkah dapat bila rakyatnya memang sejahtera. Kami melihat hal ini jauh dari komitmen yang digembar-gemborkan walikota siap menampung aspirasi. Hasilnya nihil,” ungkap mereka yang tidak diterima walikota.

Sementara aksi yang dilaksanakan di DPRD Medan diterima staf DPRD Medan. Dijanjikan para buruh akan bertemu dewan sesuai jadwal yang akan ditentukan. Menurut peserta aksi DPRD Medan menampung aspirasi.

Dewan memanggil pihak perusahaan, namun owner tetap tidak mau turun. “Ketua komisi 2 Surianto pernah menyatakan, jika begini mungkin DPRD akan buat kampanye boikot produk Un. Seandainya kami bertemu dewan, kami akan minta statemen itu direalisasikan,” tukasnya.

Tuntutan para buruh tersebut merupakan puncak dari rangkaian persoalan yang terjadi di PT Un. “Persoalan ini sudah muncul sejak tahun 2018. Diduga terkait pemotongan upah sehingga tidak sesuai UMP, lalu kerja lembur yang tidak dibayar. Karena buruh demo, terjadilah PHK sepihak,” tutur mereka didampingi Ketua DPC PPMI Kota Medan, Awaluddin Pane.

  • Itp-17