BWS-Pemko Siap Kolaborasi Atasi Banjir di Medan

0
2
Walikota Medan Bobby Nasution saat berdiskusi soal banjir Kota Medan bersama BWAS

MedanIntipnews.com:Kepala BWS Sumatera 2, Maman Noprayamin mengungkap pihaknya siap melakukan koordinasi dan Kolaborasi dengan Pemko Medan dalam mengatasi permasalahan banjir di kota Medan.

Salah satunya akan memfungsikan kanal untuk mengantisipasi tingginya debit air di sungai Deli dengan membuat pintu di kanal. Selain itu menentukan titik pembuatan kolam di aliran sungai Bedera.

Hal itu diungkapkan Maman Noprayamin saat melakukan pertemuan dengan Walikota Medan Bobby Nasution. Pertemuan Pemko Medan dengan Balai Wilayah Sungai [BWS] Sumatera 2 di ruang khusus Walikota, Senin 17 Mei 2021, merupakan koordinasi dan membahas solusi mengatasi banjir di Kota Medan.

Bobby Nasution didampingi Kadis PKPPR Benny Iskandar, Kepala Bappeda Irwan Ritonga dan Perwakilan Dinas PU Kota Medan mengutarakan sejumlah permasalahan yang menyebabkan banjir di kota Medan.

Salah satunya disebabkan pendangkalan dan penyempitan yang terjadi di sejumlah sungai. Karena sungai merupakan kewenangan dari BWS maka diharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan solusi yang cepat untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan.

“Banyak keluhan masyarakat yang saya dapati terkait permasalahan banjir. Oleh karenanya saya melakukan pertemuan dengan BWS Sumatera 2 ini, guna mencari cara dan solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang terus terjadi di Kota Medan,” kata Bobby.

Apalagi, lanjutnya, di malam hari raya idul Fitri kemarin, masyarakat di bantaran sungai Deli mengalami banjir, tentunya kita harus bergerak cepat. Walikota juga menanyakan keberadaan kanal yang berada di Kecamatan Medan Johor, apakah dapat berfungsi guna mengantisipasi luapan air di Sungai Deli.

Kepala BWS mengungkapkan, salah satunya akan memfungsikan kanal untuk mengantisipasi tingginya debit air di Sungai Deli dengan membuat pintu di Kanal. Selain itu menentukan titik pembuatan kolam di aliran sungai Bedera.

Sementara itu Maman menyebutkan, terkait penanganan banjir di Kota Medan, pihaknya telah memprogramkan dan saat ini sudah mendekati akhir desain.

Hanya saja menurutnya di beberapa sisi di kota Medan banyak permasalahan, baik itu lahan, penyempitan aliran sungai, bangunan infrastruktur yang menghambat aliran maupun drainase.

  • Itp-04