"Hop, permisi...."

Nias-Intipnews.com:Untuk mencegah penyebaran Corona Viris Desiase [Covid19] di Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Satuan Polisi Pamong Praja [Satpol-PP] melakukan razia masker kepada pengendara yang melintas di jalan Kabupaten Nias.

Satpol-PP dalam pelaksanaan razia dibantu TNI dan Polri juga melakukan razia masker kepada warga di setiap pekan tradisonal yang ada di Kabupaten Nias.

“Razia masker sudah kita mulai sejak Sabtu 5 September 2020 dan akan dilaksanakan seminggu hingga dua minggu ke depan,” terang Kepala Bidang Penegakkan Peraturan Daerah, Satpol-PP Kabupaten Nias Kornelius Zega, Senin 7 September 2020.

Razia dilakukan berdasarkan peraturan Bupati Nias nomor 29 tahun 2020 dan surat edaran Bupati Nias nomor 443/001/HK/2020 tentang pelaksanaan monitoring/pemantauan, pengawasan, pencegahan penyebaran Covid19 di Kabupaten Nias.

“Sasaran kita bukan hanya pemgendara kendaraan yang melintas di Kabupaten Nias, kita juga akan melakukan razia di setiap pekan yang dilaksanakan di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Nias,” jelasnya. Menurut dia, warga atau pengendara yang tidak memakai masker saat razia akan dikenakan sanksi adminitrasi atau sanksi sosial.

Sanksi adminitrasi berupa teguran secara lisan, teguran secara tertulis, penahanan sementara kartu identitas, pembubaran kerumunan, penutupan sementara, tindakannlain yang menghentikan pelanggaran atau pemcabutan izin.

Sedangkan sanksi sosial bagi warga yang tidak memakai masker adalah menyanyikan satu lagu wajib nasional dan satu lagu daerah atau memungut sampah di tempat terjadinya pelanggaran.

“Pada razia pada hari Sabtu yang lalu ada beberapa pengendara yang kedapatan tidak memakai masker, tetapi ada di saku celana, sehingga kita hanya mengenakan sanksi lisan,” terangnya.

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini