Cegah Stunting di Aceh Timur, Kadis: Gemar Makan Ikan

0
9

Aceh TimurIntipnews.com:Kadis Perikanan dan Kelautan Aceh, Aliman, mengajak masyarakat Aceh agar gemar makan ikan, selain untuk mencegah stunting, ikan juga sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia [foto].

“Makan ikan dapat mengatasi kekurangan gizi. Harapan kita supaya ibu hamil gemar memakan ikan,” ujar Aliman usai safari Gerakan Masyarakat Makan Ikan [Gemar ikan], di Pendopo Bupati Aceh Timur, Sabtu 3 April 2021.

“Stunting pada balita adalah rendahnya asupan gizi, pola asuh yang kurang tepat. Mengajak masyarakat gemar makan ikan, mendatangkan manfaat. Bisa menghasilkan lompatan yang dahsyat,” ujar Aliman.

Tambahnya, jika makan ikan menjadi budaya, kualitas hidup Bangsa Indonesia bakal meningkat karena kebutuhan proteinnya terpenuhi. Saat ini, kata Aliman, tingkat konsumsi makan ikan di Indonesia tergolong rendah, di angka 41 kilogram per kapita/tahun.

Plh Kadis Perikanan Aceh Timur, Darmawan M Ali, menyebutkan, Aceh Timur salah satu Kabupaten di Indonesia yang menerima safari makan ikan. Di Aceh Timur ada 500 warga di pesisir mendapat paket safari gemar makan ikan. Juga Kabupaten Aceh Tamiang menerima manfaat gemar makan ikan 2021.

  • Laporan Evayanti