Dandim Rapat Bahas Virus Corona Masuk Nias

0
81

Gunungsitoli-Intipnews.com:Komandan Komando Distrik Militer [Kodim] 0213/Nias Letkol. Inf Lubuan Simbolon menggelar rapat membahas penanganan pencegahan masuknya virus corona di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Senin 16 Maret 2020 [foto].

Rapat yang digelar di ruang pertemuan Jenderal Sudirman, Kodim 0213/Nias dihadiri Wakil Bupati Nias, Wakil Kapolres Nias, Dan Pos AL, Kepala Dinas Kesehatan, Basarnas, Kalapas dan sejumlah perwakilan instansi laonnya di Kepulauan Nias.

Pada rapat yang dimulai pukul 10.00 WIB, Dandim 0213/Nias memberitahu jika rapat digelar dalam rangka menyatukan persepsi dalam menangani ancaman virus corona masuk di wilayah Kepulauan Nias.

“Saat ini kita akan membahas cara mencegah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Nias terkait cara penanganan virus corona,” jelasnya. Selain itu, untuk menyiapkan tim gugus tugas dan menyiapkan peralatan pemeriksaan bagi warga yang terindikasi terkena virus corona serta menyiapkan posko dan tenda penanganan.

Sesuai hasil kesepakatan bersama, rapat yang berakhir pukul 12.15 WIB menghasilkan kesepakatan bersama. Kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat adalah Kodim 0213/Nias dan Polres Nias siap mendukung penanganan pencegahan virus corona.

Segera membentuk satgas gugus tugas dengan kebijakan kepala daerah dan membentuk posko untuk mencegah masuknya virus corona di Kepulauan Nias. Menyiapkan alat pendeteksi tempat keluar masuk daerah seperti bandara dan pelabuhan untuk bisa langsung mendeteksi suhu tubuh.

Membuat surat edaran kepada istansi terkait untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan menyiapkan tenda tempat warga yang sudah terindikasi virus corona. Dana pencegahan disarankan dapat diambil atau dialihkan dari dana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) tiap Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Nias.

Mengharapkan kepada stakeholder untuk berperan aktif dan bersama sama mengecek sarana dan prasarana dengan melakukan tindakan preventif dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Tidak meresahkan masyarakat, tetapi memberikan pemahaman dan harus tanggap atau jangan sampai dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Di tempat yang sama, perwakilan dari Rumah Sakit Umum Gunungsitoli mengatakan jika Rsu Gunungsitoli mendukung penuh pencegahan virus corona. Dia memberitahu bahwa penularan virus corona melalui udara dan kontak fisik dapat ditangani dengan Pencegahan Penyakit Infeksi [PPI].

Diakui situasi saat ini RSU Gunungsitoli mulai kekurangan stok masker walau telah dipesan tetapi tak kunjung tiba. RSU Gunungsitoli juga menyarankan apabila ada yang terindikasi terpapar virus corona, sebaiknya dikarantinakan di rumah.

* Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini