Suasana letusan [erupsi] Gunung Sinabung di Tanah Karo. Foto Istimewa

Kota Tebingtinggi mulai ditutupi debu vulkanik Gunung Sinabung yang erupsi sekitar pukul 10.16 WIB di Kabupaten Karo…

Medan-Intipnews.com:Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Kabupaten Karo, Sumatera Utara Natanail Perangin-angin menyebutkan debu vulkanik erupsi [letusan] Gunung Sinabung yang ada di daerah setempat berpotensi meluas hingga ke Kota Medan.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Selasa 11 Agustus 2020, sejak Senin siang, Kota Tebingtinggi mulai ditutupi debu vulkanik Gunung Sinabung yang erupsi sekitar pukul 10.16 WIB di Kabupaten Karo.

Akibat tebalnya debu vulkanik tersebut, subagaimana dilansir Antara, para pengendera mobil dan sepeda motor di sepanjang jalan-jalan Tebingtinggi lebih berhati-hati karena jarak pandang terbatas.

“Meluasnya debu tergantung arah dan kecepatan angin yang membawa debu vulkanik sampai ke Medan,” ujar Natanail kepada wartawan, Senin 10 Agustus 2020. Ia menyebutkan, saat ini debu vulkanik tersebut sudah sampai dibawa angin hingga ke Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

“Bisa saja debu vulkanik yang ada di Kecamatan Berastagi diterbangkan angin kencang sampai ke Medan, ini bisa terjadi karena fenomena alam,” ujarnya.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini