RS USU, labratorium sampel Covid 19. Foto Istimewa

RS USU sebagai laboratorium pemeriksaan sampel Covid 19 yang pertama, cukup pontang-panting juga, karena keterbatasan SDM. Kini akan melakukan swab tes massal menggunakan sistem Drive Thru…

Medan-Intipnews.com:Hingga saat ini Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara [RS USU] masih terkendala di SDM. Sampel yang demikian banyak tidak diimbangi dengan SDM, sehingga waktu tunggu hasil pemeriksaan sampel pun cukup lama.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama, RS USU, Syah Mirsya Warli saat menghadiri rapat bersama panitia khusus [Pansus] DPRD Kota Medan, dalam pembahasan penanganan pencegahan dan penyebaran [GTPP] Covid 19 di Kota Medan, Senin 27 Juli 2020.

Setelah resmi ditunjuk sebagai rumah sakit pertama yang dapat melakukan laboratorium Polymerase Chain Reaction [PCR] Covid 19 di Sumatera Utara [Sumut] April 2020, RS USU sempat kewalahan [pontang-panting] dan mengalami penumpukan sampel Covid 19.

“Karena kebetulan rumah sakit Adam Malik yang ditunjuk sebagai RS pemeriksaan Covid 19 belum bisa berfungsi dengan baik pada saat itu,” ungkapnya. Sementara RS USU harus menerima sampel dari seluruh RS kabupaten kota di Sumut dan puskesmas di Medan.

“Terbatasnya SDM di RS USU hingga saat ini menjadi kendala dalam penegakan diagnosis dan kendala dalam pencegahan,” ujar Dirut RS USU.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini