Di Jakarta Ribuan Orang Sakit-Terpapar Covid 19 Tak Tertangani RS

0
10
Di Jakarta Ribuan Orang
Di Jakarta ribuan orangsakit-terpapar Covid 19 tak tertangani RS. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Di Jakarta ribuan orang sakit-terpapar Covid 19 tak tertangani RS. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan [foto] menyebut kondisi saat ini ribuan warga sakit, termasuk terpapar Covid 19 di Jakarta belum tertangani oleh rumah sakit [RS] karena kondisinya sudah penuh.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jumlah kasus aktif di ibukota menyentuh di angka 108.728 pasien per Minggu [18/7/2021]. Pasien kasus aktif itu tengah dirawat di sejumlah fasilitas isolasi terkendali atau menjalani isolasi mandiri. Jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 746.312 kasus

“Jadi, banyak sekali selama beberapa minggu ini masyarakat yang datang ke rumah sakit tetapi rumah sakit dalam posisi yang penuh. Di IGD, menunggu masuk kamar itu bisa sekitar 1.900 orang, kemudian di lorong-lorong Puskesmas, rumah-rumah bisa sampai sekitar 1.400 orang,” kata Anies kepada wartawan, dilansir Teropongsenayan.

Di Jakarta ribuan orang sakit-terpapar Covid 19 tak tertangani RS. Anies menyebut hal ini akibat dari terbatasnya kapasitas rumah sakit, sementara jumlah pasien yang meningkat, terutama akibat pandemi Covid 19. Untuk itu pihak Pemprov DKI Jakarta menambah rumah sakit sementara seperti Wisma Haji untuk menampung para pasien tersebut.

“Lalu menjangkau warga yang membutuhkan bantuan dengan segera melibatkan unsur-unsur di daerah mulai RT, RW hingga gugus tugas,” ucap Anies. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meningkatkan kapasitas jumlah dan lokasi isolasi Covid 19 di Jakarta hingga total seluruhnya bisa menampung hingga 26.134 orang di 184 lokasi isolasi.

Sementara informasi di-publish Intipnews.com pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM] darurat di Jakarta bakal diperpanjang, sampai akhir Juli 2021. Ini sebelumnya disampaikan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan [PMK], Muhadjir Effendy.

Terkait itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku belum mendapatkan arahan apapun. Anies pun bersama jajaran di Forum Komunikasi Pimpinan Daerah [Forkopimda) DKI sudah melakukan rapat evaluasi di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Minggu 18 Juli 2021 siang. Anies menjelaskan, ketentuan PPKM diatur oleh pemerintah pusat, bukan daerah.

  • * Itp-17