Di Milad UISU ke-68: Ada Prestasi Membanggakan

0
102
Dr dr Umar Zein, selain sebagai Dosen Fakultas Kedokteran,UISU juga juga dikenal seniman yang kreatif

Dr dr Umar Zein menemukan bahan ekstrak Sambiloto sebagai obat anti malaria, mendapat Haki, pasien cacing pita dan Film Pendek HIV/AIDS….

Medan-Intipnews.com:Milad Universitas Islam Sumatera Utara [UISU] ke-68 di Auditorium UISU, Selasa 7 Januari 2020 dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi [LL Dikti] Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto.

Juga Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Osman Delikhan Alhajj, Ketua Umum Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution drg PhD, Ketua Senat sekaligus Anggota DPR RI Djohar Arifin dan para civitas akademika.

Informasi dihimpun Intipnews.com, pada kesempatan tersebut Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin MAP mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan membangun UISU lebih baik lagi. “Mari bekerjasama untuk mewujudkan harapan dan cita-cita UISU menjadi perguruan tinggi yang islami  sesuai visi dan misi UISU,” harapnya.

Rektor UISU pada kesempatan itu juga menyampaikan, meski UISU masih banyak kekurangan, namun ada beberapa prestasi ditorehkan UISU melalui dosen yang membanggakan. Yaitu ditemukannya bahan ekstrak Sambiloto sebagai obat anti malaria.

Penemuan membanggakan UISU tersebut baru saja terbit Hak Patennya dari Ditjen hak kekayaan intelektual [Haki] Kemenkumham yang merupakan hasil penelitian dari Dr dr Umar Zein dari Fakultas Kedokteran.

Demikian juga penemuan pasien infeksi Cacing Pita di Kabupaten Simalungun, juga oleh dosen Dr dr Umar Zein di akhir tahun 2017. Penemuan ini direspon pihak Kemenkes untuk nantinya dilakukan kerjasama penelitian dan penanggulangannya dengan Fakultas Kedokteran UISU.

UISU juga telah menyumbangkan sebuah film pendek tentang sosialisasi HIV/AIDS yang diangkat dari Novel Tegar karya Dr dr Umar Zein, diserahkan kepada Menteri Kesehatan RI pada saat peringatan Hari AIDS Sedunia 30 November 2019 yang lalu di Bandung.

Sementara Rektor menyebut terkait prestasi mahasiswa. Ada mahasiswa UISU yang menoreh prestasi tingkat Internasional pada Kejuaraan Karate. Di balik Milad UISU ke-68 kemarin ternyata ada prestasi karya ilmiah dari Dosen UISU.

Namun salah seorang mahasiswa yang hadir di acara Milad tersebut mengatakan dirinya menunggu Dosen UISU dan mahasiswa berprestasi itu dipanggil dikenalkan dan mendapat penghargaa. Ternyata hingga acara Milad usai, hadirin tidak tahu mana dosen dan mahasiswa beprestasi itu. Yang mendapat penghargaann para pejabat dan lainnya. *Itp-09

#Intipnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini