Di Seminar Online UMA, Ketum SMSI Ungkap Jurnalistik Digital

0
7
Ketua Umum SMSI, Firdaus

Medan-Intipnews.com:Seminar online digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik [FISIP], Universitas Medan Area, Prodi Ilmu Komunikasi dengan tajuk “Semiloka Rekontruksi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, Selasa 2 Maret 2021. Menghadirkan Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia [SMSI] Pusat, Firdaus, yang mengungkap dasar-dasar jurnalistik di era digital.

Dasar jurnalistik di era digital, menurut Firdaus, ada beberapa masalah antaralain, mencari model media. meningkatkan kepercayaan pembaca, membangun iklim bisnis, bersaing dengan media sosial yang banyak menarik minat para pengguna internet, untuk segementasi hiburan dan praktik media terus berubah akibat disrubsi digital.

Saat ini, lanjut Firdaus, media baru telah mengubah jurnalisme dalam empat cara. Pertama, sifat konten berita berubah akibat munculnya teknologi media baru, yaitu, konten interaktif, realtime. Kedua, cara wartawan melakukan pekerjaannya berbasiskan digital dan multimedia, multiplatform.

Ketiga struktur ruang redaksi dan industri berita sedang mengalami transformasi mendasar. Keempat, media baru membentuk kembali bagaimana hubungan antara unsur di dalam organisasi berita yaitu jurnalis, dan audiens termasuk narasumber, pesaing, pengiklan, dan pemerintah.

“Contoh, audien tidak hanya sebagai penerima berita, tapi juga pemasok berita [Jhon P Pavlik, 2001],” ujar Firdaus. Selain itu, di era digital, diungkapkan telah muncul karakter baru media digital. “Teori gatekeeping, yang menjelaskan berita diseleksi dan ditentukan tim redaksi sebelum berita ditayangkan, tidak berlaku dalam media digital,” ungkapnya.