Diduga Peras Walikota Tanjungbalai Rp1,5 M, Penyidik KPK AKP SR Diamankan

0
27
Saaat KPK melakukan penggeldahan di ruang kerja Walikota Tanjungbalai. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Di tengah isu OTT Walikota Tanjungbalai, Sumatera Utara yang dibantah KPK, muncul kabar sebagaimana dikatakan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, “Propam Polri bersama KPK mengamankan Penyidik KPK AKP SR Selasa [20/4/21], dan telah diamankan di Div Propam Polri.

Hal itu diungkapkan Sambo kepada wartawan, Rabu [21/4]. Informasi dihimpun Intipnews.com, Kamis 22 April 2021, Propam Polri menyebutkan pihaknya turut mengamankan AKP SR yang merupakan oknum penyidik KPK yang diketahui melakukan pemerasan terhadap Walikota Tanjungbalai HM Syahrial.

Keterlibatan Propam Polri, ungkap Irjen Pol Ferdy Sambo, lantaran AKP SR merupakan seorang personel Polri yang ditugaskan sebagai penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK]. Dan penyidikan kasus ini nantinya akan ditangani KPK, sedangkan Propam akan tetap terlibat dalam pemeriksaan terhadap seorang personel Polri AKP SR itu.


Diketahui sebelumnya, KPK tengah menyelidiki dugaan pemerasan oleh oknum penyidik lembaga antirasuah. Kemudian terdapat oknum penyidik kepolisian di KPK yang meminta Rp1,5 miliar ke Bupati Tanjungbalai dengan janji akan menghentikan kasusnya.

Saat ini KPK sedang mengusut kasus korupsi di Pemkot Tanjungbalai. “Melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana dimaksud dengan meminta keterangan serta pengumpulan bukti permulaan lainnya,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Rabu.