Dilapor PP GAM, Kejatisu Proses Dugaan Korupsi Disbun Provsu

0
108

Kejatisu harus serius mengusut dugaan korupsi terindikasi merugikan negara. Diduga melibatkan oknum pejabat Disbun, oknum rekanan serta pelaksana kegiatan…

Medan-Intipnews.com:“Kita mengapresiasi aksi dari mahasiswa. Kita [Kejatisu] akan memproses tuntutan dan laporan PP GAM Sumut terkait dugaan korupsi anggaran belanja di Disbun Sumut.”

Demikian disebutkan Kasi Intel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara [Kejatisu], Rismaidi saat menerima laporan dan aksi mahasiswa Pengurus Pusat Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara [PP GAM Sumut], Kamis 5 Maret 2020 [foto].

Informasi dihimpun Intipnews.com Jumat 6 Maret 2020, Rismaidi menanggapi laporan PP GAM Sumut tersebut Kejatisu segera proses dugaan korupsi anggaran belanja di Dinas Perkebunan [Disbun] Provinsi Sumatera Utara [Provsu].

Untuk tahapannya, Rismaidi mengatakan, pihaknya mungkin akan melakukan pemanggilan terhadap pihak yang terlibat dalam kegiatan anggaran belanja di Disbun. “Kemungkinan kita segera panggil pihak yang dianggap terlibat yang dilaporkan mahasiswa ke Kejatisu,” ungkapnya.

Sementara kordinator aksi PP GAM Sumut, Sadar Daulay menyebutkan, Kejatisu harus serius mengusut laporan dugaan korupsi yang terindikasi merugikan negara. Apalagi melibatkan oknum pejabat Disbun Sumut dan oknum rekanan/ pelaksana kegiatan.

“Ini aksi pertama PP GAM Sumut di Kejatisu terkait dugaan korupsi Disbun Sumut. Dan sudah menggelar aksi kelima kalinya di Kantor Disbun Sumut. Kami serius dugaan korupsi ini harus diusut tuntas,” sebut Sadar.

Ditambahkan Sadar Daulay, diduga petinggi Disbun Sumut atau penyedia jasa bersama rekanan terindikasi kolaborasi atau KKN. Diduga ada kerugian negara dalam anggaran untuk belanja yang diserahkan kepada masyarakat.

Dalam pernyataan sikap PP GAM Sumut mengungkap beberapa item dugaan korupsi, antaralain terkait belanja barang yang akan diserahkan kepada masyarakat, dengan Pagu Anggaran Rp1.470.000.000,00, yang di menangkan CV KMS.

Lalu, belanja barang yang akan diserahkan kepada masyarakat dengan Pagu Anggaran Rp337.456.000,00, yang dimenangkan CV.  KK. Belanja barang akan diserahkan kepada masyarakat dengan Pagu Anggaran Rp816.000.000,00, di menangkan CV ERR.

Terkait belanja barang yang akan diserahkan kepada Masyarakat dengan Pagu Anggaran Rp378.000.000,00, di menangkan CV RB. Terkait belanja barang akan diberikan kepada Masyarakat dengan Pagu Anggaran Rp600.000.000,00, di menangkan CV MAI.

Kemudian, terkait belanja barang akan di serahkan kepada Masyarakat dengan Pagu Anggaran Rp1.984.500.000,00, yang di menangkan CV MAU. Dan terakhir, terkait belanja barang akan diserahkan kepada Masyarakat dengan Pagu Anggaran RP 272.250.000,00, dimenangkan CV RB.

Usai aksi di kantor Kejatisu, massa PP GAM Sumut melanjutkan aksinya di Kantor Disbun Sumut jalan AH Jenderal AH Nasution, Medan.

  • Laporan Sofar Panjaitan
  • Bagikan Berita Ini