Dinsos dan Disdukcapil Kota Binjai Layani Warga Panti Sosial

25
Dinsos dan Disdukcapil Kota Binjai
Plt Kadisdukcapil Rahmad Saleh dan Kadis Sosisial Bambang Lesterika usai melayani warga Lansia di Panti Jompo Binjai. (Foto: Ist)

BinjaiIntipnews: Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Binjai memberikan pelayanan pengurusan adminstrasi kependudukan dan masalah sosial serta kesehatan kepada warga Panti Sosial Binjai di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (24/8/2021).

Ada 35 warga  panti sosial Binjai di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai memperoleh pelayanan perekaman pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) gratis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Binjai Rahmad Saleh dan Plt Dinas Sosial (Dinsos) Bambang Lesterika menjelaskan, pelayanan pembuatan KTP kepada warga panti sosial guna melengkapi administrasi kependudukan.

Kelengkapan administrasi penduduk warga panti sosial Binjai juga berguna untuk pembuatan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bambang Lesterika menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan pihak BPJS Kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan kepada warga lanjut usia (Lansia) di panti sosial Binjai bisa dilayani.

“Untuk pelayanan administrasi kependudukan, Disdukcapil melakukan pendataan langsung. Mereka sudah Lansia, sehingga Disdukcapil hadir di aula Panti Sosial dengan peralatan dan petugas, guna mendata warga Binjai yang belum punya KTP,” ujar Rahmad.

Selain 35 warga  yang melakukan perekaman KTP, ada 30 warga yang status penduduknya luar Kota Binjai masih diproses perpindahan secara online. ”Setelah proses perpindahan selesai, 30 warga itu menjadi warga Kota Binjai dan akan direkam datanya untuk pembuatan KTP dan kartu keluarga (KK),” jelas Rahmad Saleh. * Itp-Riza