Divonis Kasus Korupsi Raskin, ZS Jabat Bagian Kepegawaian

88
Ilustrasi. Istimewa

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 87/PUU-XVI/2018 memperkuat SKB] 3 menteri itu, untuk percepatan pemberhentian PNS yang sudah inkracht kasus tindak pidana korupsi…

Labuhanbatu-Intipnews.com:ZS setelah jadi dipidana kasus korupsi masih menduduki jabatan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan [BKPP] Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Informasi diterima Intipnews.com, Selasa 1 September 2020, oknum Kepala BKPP ZS terpidana kasus korupsi beras miskin [raskin] tahun 2001 di Kecamatan Panai Hulu.
ZS divonis penjara selama 2,5 tahun, sesuai kutipan putusan Pengadilan Negeri Rantauprapat No.388/PID-B/2003/PN-Rap.

Saat itu, ZS bertugas di Kantor Camat Panai Hulu dan diangkat sebagai Ketua Tim Operasi Pasar Khusus [OPK] penyaluran beras miskin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika [Kominfo] Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara Rajid Yuliawan SKom saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa [1/9] mengatakan, persoalan itu sebaiknya ditanyakan kepada Kepala Bagian [Kabag] Hukum.

“Tanya Kabag hukum, karena kajiannya dalam. Yang dalam-dalam kan Kabag hukum yang mengkajinya,” ujar Rajid. Sementara itu, ZS saat dikonfirmasi mengenai hal itu, hingga berita ini di-publish, belum memberikan jawaban.

Sebagaimana diketahui, terdapat Surat Keputusan Bersama [SKB] 3 Menteri yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 tahun 2018, Nomor 153/KEP/2018.

Isinya tentang penegakan hukum bagi pegawai negeri sipil yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

Mahkamah Konstitusi berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 87/PUU-XVI/2018 memperkuat SKB] 3 menteri itu untuk percepatan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil [PNS] yang sudah inkracht kasus tindak pidana korupsi [tipikor]. *Ans-And