DPR RI ke Sergai, Bupati: Dermaga Pulau Terluar Rusak Berat

0
70
Bupati Sergai H Soekirman [kanan] menunjukka kepada Anggota DPR RI terkait pembangunan Sergai

Sergai-Intipnews.com:Permasalahan membangun Pulau Berhala, kondisi pos pengamanan kurang memadai. kondisi fisik dermaga sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak atau rusak berat.

Begitu diungkapkan Bupati Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara H Soekirman saat Anggota DPR RI Komisi 3 M Husni mengunjungi Sergai dan mereka bertemu di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa, 10 Maret 2020.

H Soekirman melanjutkan, Sergai ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’ memiliki 1 pulau terluar yaitu Pulau Berhala di Kecamatan Tanjung Beringin. Pulau ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Pulau Berhala mempunyai banyak potensi yang bisa lebih dimaksimalkan. Kedepannya akan diadakan juga program bela negara dan wawasan kebangsaan di Pulau Berhala yang melibatkan banyak pihak termasuk pelajar dan kelompok masyarakat.

Usai menerima kunjungan, Wakil Bupati [Wabup] Sergai H Darma Wijaya bersama Anggota DPR RI Komisi 3 H M Husni, Dandim 0204 DS, mewakili Kapolres sergai, mewakili Kajari Sergai, Ketua DPRD Sergai, serta anggota DPRD Sergai dan para Kepala OPD meninjau Desa Bagan Kuala yang merupakan Desa Perbatasan RI.

Menurut Wabup Darma Wijaya, satu hal yang menarik di Pulau Berhala yaitu melihat penyu-penyu berkembang biak. Melihat penyu yang bertelur itu merupakan kesan yang sangat menarik. Keindahan Pulau Berhala dengan pantai yang sangat bersih membuat kita enggan untuk beranjak pulang.

“Kalau pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersinergi maka apa yang berat akan menjadi ringan. Pulau Berhala merupakan pulau terluar dari Provinsi Sumatera Utara [Sumut], khususnya Kabupaten Sergai, banyak hal yang bisa dilakukan,” ungkap Anggota DPR RI H M Husni.

Pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan akan dipusatkan di Pulau Berhala, tukas Husni, merupakan suatu kerja Pemkab Sergai yang cukup luar biasa.

* Laporan M Yamin Nasution